Alasan Kevin Sanjaya Pensiun Dini dari Bulutangkis

Kevin Sanjaya Sukamuljo

Infotangerang.id– Kevin Sanjaya Sukamuljo secara resmi mengumumkan melalui akun media sosial instagram pribadinya bahwa ia akan mengakhiri karirnya dan pensiun dini dari dunia bulu tangkis.

Dalam pengumumannya, ia menyatakan rasa terima kasih atas perjalanan karir yang luar biasa yang telah ia jalani.

Kevin Sanjaya Sukamuljo telah memberitahukan secara lisan kepada Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagdja, sejak awal April bahwa ia akan meninggalkan Pelatnas PBSI.

Kevin Sanjaya Sukamuljo mulai terlibat dalam bulu tangkis sejak usia sangat muda, yaitu 5 tahun.

Dia melakukan perjalanan dari Banyuwangi ke Kudus pada usia 12 tahun demi mengejar impian menjadi atlet nasional. Pada tahun 2013, Kevin mendapat kesempatan untuk bergabung dengan PBSI di Jakarta.

“Meskipun Marcus Fernaldi dan saya belum berhasil meraih medali Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, saya sangat bersyukur atas semua pencapaian kami,” ungkap Kevin pada Kamis, 16 Mei.

Alasan Kevin Sanjaya Pensiun Dini dari Bulutangkis

Melalui akun Instagram pribadinya, atlet berusia 26 tahun itu membagikan alasannya mengapa dia memutuskan untuk mundur dan kemudian pensiun dari dunia bulu tangkis.

“Saya merasa bahwa waktunya untuk saya di dunia bulu tangkis telah berakhir. Keputusan ini bukanlah sesuatu yang saya ambil dengan ringan. Saya telah memikirkannya dengan matang, berdiskusi dengan orang-orang terdekat, dan mempertimbangkan banyak hal sebelum saya mencapai keputusan ini,” jelas Kevin untuk menegaskan bahwa dia telah secara resmi menggantung raket dalam dunia bulu tangkis.

Kevin menjelaskan bahwa cedera yang dialaminya pada bahu sejak 2017 belum membaik, dan hal ini telah menjadi kendala dalam karirnya.

Kevin menjelaskan bahwa alasan lain yang mendorongnya untuk memilih pensiun adalah cedera yang dialami oleh pasangannya, Marcus, dalam bermain.

“Cederanya bahu saya yang belum sembuh sejak tahun 2017 menjadi salah satu faktor. Selain itu, cedera yang dialami oleh partner saya juga membuat peluang kami untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024 menjadi sangat kecil,” ungkap Kevin.

Kevin kemudian melanjutkan dengan menceritakan bahwa meskipun ia mendapat kesempatan untuk memiliki partner baru, ia merasa bahwa komposisi tersebut kurang pas.

Pemain yang menjadi partner barunya adalah pemain depan, yang membuatnya merasa bahwa kecocokan dalam bermain tidak optimal.

Kevin sempat mengadakan diskusi dengan pengurus PBSI mengenai langkah selanjutnya dalam karirnya di dunia bulu tangkis.

Karena baginya, bermain bulu tangkis bukanlah semata-mata untuk bersenang-senang, tetapi untuk memiliki tujuan yang jelas.

Pada pertengahan bulan Januari 2024, Kevin mendapat jawaban dari diskusi tersebut.

Namun, jawaban yang diberikan tidak sesuai dengan harapannya, dan dia menyatakan bahwa tidak diberikan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas.

Akhirnya, pada akhir bulan Februari, Kevin memutuskan untuk mengakhiri karirnya dalam dunia bulu tangkis.

Ucapan Terima Kasih dan Permintaan Maaf Kevin Sanjaya

Keputusan Kevin Sanjaya yang memilih pensiun dini dari dunia bulutangkis memang sempat membuat kecewa para penggemar olahraga tepok bulu tersebut.

Duet maut The Minions yang sering tersaji apik dilayar kaca, kini benar-benar tak bisa lagi disaksika.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang telah memberikan dukungan dan doa untuk perjalanan saya selama ini,” ujar Kevin.

Kevin juga meminta maaf kepada para pendukungnya jika keputusannya mengecewakan mereka.

“Saya harap Anda semua memahami bahwa ini bukanlah keputusan yang mudah bagi saya. Sebenarnya, ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya,” tambahnya.

Pada akhir unggahannya, Kevin Sanjaya Sukamuljo mengucapkan pamit dan memohon doa untuk dirinya, istrinya Valen, dan anaknya Avery, untuk perjalanan mereka yang akan datang.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.