Antisipasi Banjir, Sinar Mas Land Bangun Kordinasi dengan Pemda Tangerang dan Tangsel

KOTA TANGSEL – Menjelang puncak musim hujan akhir Desember hingga Januari 2023, Sinar Mas Land mulai bersiaga antisipasi banjir.

Pasalnya, ada sejumlah titik banjir yang beririsan dengan wilayah properti milik Sinar Mas Land yakni Bumi Serpong Damai di wilayah Kabupaten Tangerang maupun di Kota Tangerang Selatan.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan, saat ini pihaknya sudah berupaya melakukan penanganan untuk antisipasi banjir.

Pihak Sinar Mas Land juga membangun kordinasi dengan Pemkot Tangsel dan Pemkab Tangerang untuk melakukan upaya antisipasi dan penanganan banjir.

“Kami terus memantau dan melakukan berbagai upaya penanggulangan genangan air yang terjadi pada saat intensitas curah hujan meninggi,” kata Dony dikutip Rabu (14/12/2022).

“Di antaranya memperbaiki saluran air, pengerukkan sedimentasi, membuat sejumlah drainase dan turap saluran pembuangan, hingga naturalisasi aliran sungai atau kali,” sambung Dony.

Lebih lanjut Dony menerangkan, menyiapkan lahan untuk retention pond guna mengantisipasi tingginya curah hujan dan memenuhi syarat dari kewajiban pengembang untuk penyediaan lahan resapan sebelum dialirkan ke sungai.

“Kami harap dukungan ini dapat menjadi tindakan yang signifikan sehingga warga BSD City, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang dapat menikmati lingkungan yang nyaman selama musim hujan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangerang Selatan Robbi Cahyadi menerangkan, sejak 2012 Sinar Mas Land telah menyerahkan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum) kepada Pemkot Tangsel.

“Fasos fasum itu dimanfaatkan untuk membangun Tandon Ciater, Tandon Lengkong Wetan, Tandon Lengkong Karya, dan Tandon Jaletreng (di Taman Kota II) sebagai upaya dalam pengendalian banjir di wilayah Kota Tangerang Selatan,” papar Robbi.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah.

Pihaknya mengapresiasi upaya Sinar Mas Land dalam ikut serta menangani persoalan banjir terutama yang terjadi di wilayah yang berada di sekitaran BSD.

“Pemerintah mengupayakan tindakan korektif yang tepat untuk setiap kejadian genangan air. Kami berterima kasih atas dukungan Sinar Mas Land yang menyediakan lahan untuk penampungan sedimen dari drainase sehingga main drain baik yang dikelola pemerintah maupun BSD City dapat bekerja dengan optimal,” paparnya. (VYH/ASN)