Aurelie Moeremans Depresi Akut, Pahami Pula Penyebab Seseorang Depresi Akut

aurelie moeremans depresi akut

Infotangerang.id– Pengakuan Aurelie Moeremans depresi akut, yang pernah ia sampaikan dalam sebuah postingan di Instagram, sempat membuat publik terkejut.

Aktris cantik bernama lengkap Aurelie Alida Marie Moeremans ini secara rinci menceritakan gejala awal yang dialaminya dan berbagai cara yang telah ia coba untuk mengatasi kondisinya tersebut.

Aktris film Sebelum Iblis Menjemput ini mengungkapkan bahwa depresinya dimulai dengan perasaan kehilangan semangat hidup.

“Jadi, beberapa tahun terakhir ini semangatku untuk hampir segala hal tuh hilang aja. Aku tetap kerja terus kok, tetap lakuin rutinitas sehari-hari, tapi kok ya rasanya hampa,” tulis Aurelie Moeremans di akun Instagramnya, yang ia unggah pada 14 April 2024 lalu.

Dampak Depresi Akut Aurelie Moeremans

Dampak dari depresi akut yang dialami olehnya, membuat Aurelie memutuskan untuk vakum dari syuting sejak tahun sebelumnya dan menolak dua tawaran film.

Bahkan, ia sudah tidak lagi menikmati hal-hal yang sebelumnya membuatnya bahagia.

Meskipun sibuk setiap hari dengan berbagai aktivitas, namun ia merasakan kehampaan.

“Aku sampe enggak enjoy shooting lagi. Makannya memilih untuk berhenti sejak tahun lalu. Bahkan, aku sempat ditawari main di dua proyek bareng aktor yang selama aku pengen banget satu proyek bareng, tetapi aku tolak,” tambahnya.

Aurelie sendiri menyadari bahwa hingga saat ini ia belum menemukan jawaban atas penyebab utama dari depresinya.

Meskipun ia telah berkonsultasi dengan psikolog, namun ia masih merasa belum menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

“Aku coba lebih dekat sama Tuhan, aku journaling, aku play positive affirmations, nonton podcast tentang self love, sampai belajar meditasi dari YouTube. Aku bahkan ikutan silent retreat di Bali, 7 hari tanpa hp dan tanpa ngomong, cuma meditasi seharian selama seminggu. Melukat di Ubud juga sudah. Memang ada perbaikan, tetapi masih ada yang mengganjal,” tambahnya.

Pada akhirnya, setelah empat kali berkonsultasi dengan psikolog, Aurelie menemukan titik penyebab dari depresinya. Dia dibantu untuk menemukan solusi-solusi yang membantunya memperbaiki kondisi depresinya.

“Sekarang masih proses sih, enggak langsung poof lenyap begitu saja depresinya, tetapi aku sudah jauh lebih baik,” tandasnya.

Penyebab Seseorang Depresi Akut

penyebab seseorang depresi akut
penyebab seseorang depresi akut

Apa yang dialami oleh Aurelie ini sebenarnya sudah biasa terjadi di dunia kesehatan mental.

Aurelie mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui penyebab artis cantik tersebut depresi. Hal ini karena, penderita depresi kerap kali tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami depresi.

para ahli, masih belum mengetahui apa yang menjadi penyebab seseorang depresi secara pasti.

Namun, para ahli menduga ada beberapa faktor pemicu kelainan kesehatan mental ini terjadi. Berikut penjelasannya:

1. Peristiwa dalam kehidupan. Mengalami tingkat stres yang tinggi, kehilangan orang yang dicintai, pengalaman traumatik, isolasi sosial, dan kurangnya dukungan dapat menjadi pemicu terjadinya depresi.

2. Kondisi kesehatan fisik. Penderita sakit kronis dan penyakit fisik yang menetap bisa meningkatkan risiko terkena depresi. Contohnya, orang dengan diabetes, kanker, atau penyakit Parkinson lebih rentan mengalami depresi.

3. Penggunaan obat-obatan. Beberapa jenis obat dapat memiliki efek samping yang menyebabkan depresi. Selain itu, penyalahgunaan narkoba dan alkohol juga dapat memicu atau memperburuk kondisi depresi.

4. Faktor kepribadian. Orang yang cenderung mudah stres atau kesulitan dalam mengatasi situasi tertentu memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami depresi.

5. Perubahan atau ketidakseimbangan hormonal dapat menjadi pemicu terjadinya depresi. Hal ini sering terjadi selama kehamilan dan beberapa waktu setelah melahirkan (pascapartum). Selain itu, masalah pada kelenjar tiroid, masa menopause, dan kondisi kesehatan lainnya juga dapat meningkatkan risiko terkena depresi.