Bahaya Minum Teh Sebelum Makan dan Anjuran Minum Teh yang Tepat

Bahaya minum teh sebelum makan

Infotangerang.id- Kenali bahaya minum teh sebelum makan yang ternyata memiliki resiko yang berbahaya bagi kesehatan Meskipun memiliki sejumlah manfaat.

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, banyak orang terbiasa minum teh untuk meningkatkan energi.

Menurut dr. Rohini Patil, MBBS, seorang ahli gizi dan CEO Nutracy Lifestyle, teh adalah minuman yang sangat menenangkan dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Teh juga kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme.

Bahaya Minum Teh Sebelum Makan

Kandungan antioksidan dalam teh, memberikan manfaat bagi tubuh dalam melawan radikal bebas.

Teh juga mampu membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan di dalam teh yang dapat menghambat proses penyerapan lemak.

Namun, meminum teh saat keadaan perut kosong di pagi hari bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan yang berbahaya.

Mengonsumsi teh di pagi hari dapat menyebabkan perpindahan bakteri dari mulut ke usus, yang dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan masalah pencernaan.

1. Gangguan Metabolisme

Minum teh sebelum makan ternyara dapat mengganggu sistem metabolisme karena ketidakseimbangan zat asam dan basa di perut.

Hal ini dapat mengganggu aktivitas metabolik tubuh, sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang memengaruhi organ tubuh seperti ginjal dan jantung.

2. Kembung dan Mual

Konsumsi teh saat perut masih kosong atau belum makan dapat memengaruhi aktivitas cairan empedu di lambung, menyebabkan rasa mual dan kembung.

Kondisi itersebut tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Menambahkan susu atau krimer ke dalam teh juga dapat meningkatkan risiko kembung di pagi hari, karena kandungan laktosa dalam susu dapat menghasilkan gas yang mengendap di perut dan usus.

3. Risiko Dehidrasi

Bahaya minum teh sebelum makan lainnya adalah dapat menyebabkan dehidrasi. Teh memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin dalam tubuh.

Pada pagi hari setelah beristirahat selama 6 – 8 jam, tubuh biasanya sudah mengalami dehidrasi ringan. Itu sebabnya, minum teh saat perut kosong dapat memperparah dehidrasi dan menyebabkan kram perut.

4. Kerusakan Enamel Gigi

Konsumsi teh di pagi hari dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi dalam mulut.

Jika mengonsumsi teh sebelum makan, bakteri dalam mulut memproses gula yang kemudian meningkatkan kadar asam di mulut, yang dapat mengakibatkan erosi pada enamel gigi.

5. Menghambat Penyerapan Zat Besi

Minum teh, terutama teh hijau, di pagi hari saat perut masih kosong atau belum makan, dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh.

Zat besi sangatlah penting untuk membawa oksigen dan membantu pembentukan hemoglobin. Kurangnya asupan zat besi dapat mengganggu kesehatan, termasuk menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah.

6. Menimbulkan Kecemasan

Minum teh sebelum makan juga dapat menyebabkan kecemasan karena kandungan kafein dalam teh.

Hal ini dapat menimbulkan sensasi kurang nyaman seperti cemas dan pusing.

Oleh sebab itu, jika sudah terbiasa mengonsumsi teh dipagi hari, sebaiknya untuk minum segelas air putih terlebih dahulu dan sarapan dengan makanan bernutrisi sebelum mengonsumsi teh di pagi hari.

Ini akan mencegah perut kosong dan mengurangi kemungkinan reaksi negatif terhadap kesehatan setelah minum teh.

Anjuran Minum Teh yang Tepat

Bahaya minum teh sebelum makan
Anjuran Minum Teh yang Tepat

Melansir dari Indian Express, disarankan untuk minum teh bersamaan dengan sarapan atau setelah mengonsumsi beberapa makanan ringan atau kacang-kacangan.

Ada baiknya untuk mengganti gula biasa dengan gula merah yang lebih sehat, karena mengandung vitamin seperti fosfor, zat besi, magnesium, dan kalium yang bermanfaat bagi pencernaan.

Waktu terbaik untuk minum teh adalah sekitar pukul 3 sore, karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah flu dan pilek.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.