BSD City Jadi Tuan Rumah Babak Kualifikasi Cabor Gateball, Jelang PON XI 2024 

Menteri PUPR yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB PERGATSI – Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi babak kualifikasi cabang olah raga, Gatebll di BSD City. Jumat (23/6/2023). Foto : Istimewa

Infotangerang.id, – Menjelang Pekan Olah raga Nasional (PON) XXI 2024, Babak Kualifikasi (BK) PON XXI cabang olahraga (cabor) Gateball yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB PERGATSI) pada 21-25 Juni 2023 di Lapangan Gateball, Kampus ITSB, BSD City. 

BSD City dipilih menjadi tempat penyelenggaraan BK PON XXI karena memiliki lokasi yang sangat strategis dan aksesibilitas mudah terutama melalui ruas Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) yang sudah beroperasi sejak 2022 lalu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 684 atlet dari perwakilan 29 provinsi di Indonesia yang akan memperebutkan posisi enam besar terbaik. Penyelenggaraan BK PON XXI ini merupakan salah satu cara sebagaimana disyaratkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dalam menjaring tim-tim terbaik untuk ikut berlaga pada PON XXI yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024.

BK PON XXI dibuka secara resmi pada Rabu (21/6) lalu oleh Ketua Harian PB PERGATSI – Khalawi Abdul Hamid. Turut hadir dalam acara tersebut yakni Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR sekaligus Wakil Ketua Umum Pergatsi – Mohammad Zainal Fatah, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR – Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan – Achmad Gani Ghazaly Akman, Sekjen PB PERGATSI – Puja Samedhi, jajaran manajemen Sinar Mas Land serta beberapa pejabat negara dan daerah lainnya.

Dalam kunjungannya pada Jumat (23/6) lalu ke Lapangan ITSB, BSD City, Menteri PUPR yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB PERGATSI – Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasinya  atas langkah Sinar Mas Land menjadi Tuan Rumah babak kualifikasi cabor Gateball. 

“Saya mengapresiasi langlah Sinar Mas Land yang terus mendukung kemajuan olah raga nasonal,” kata Basuki. Untuk para wasit dan atlet, kata Basuki lagi,  diharap bisa mengikuti permainan sesuai aturan serta menjaga kesehatan dan stamina dengan baik. 

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, Tahun 2023 ini, Sinar Mas Land merasa bangga dapat menjadi tuan rumah BK PON XXI. 

Sebelumnya, BSD City juga berkesempatan untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Gateball pada tahun 2021. “Kami berkomitmen untuk dapat mewadahi cabor Gateball secara berkelanjutan melalui penyediaan lokasi lapangan Gateball di Kampus ITSB BSD City. 

Di ajang BK PON XXI, ada empat kategori yang akan dipertandingkan di antaranya Beregu, Triple, Ganda, dan Tunggal. Sehingga, secara keseluruhan akan ada delapan nomor pertandingan yang terdiri dari Beregu Campuran, Beregu Pria, Triple Campuran, Triple Pria, Ganda Campuran, Ganda Pria, Tunggal Pria, dan Tunggal Wanita. Seluruh nomor pertandingan ini akan dipimpin langsung oleh satu wasit utama, asisten wasit, skorer, dan linesman sebanyak dua orang. 

BK PON XXI merupakan yang kali kedua diselenggarakan, setelah sebelumnya BK PON pertama di Balige pada 2019 lalu. Sebagai informasi, pada PON XX 2021 di Papua, cabang olahraga Gateball ini tidak dipertandingkan sehingga dengan hadirnya kejuaran Gateball pada PON XXI 2024 akan memberikan semangat kepada para atlet Gateball di seluruh Indonesia. (*/ASN)

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.