Cianjur Kembali Diguncang Gempa pada Rabu, 19 Juni 2024 Siang

Infotangerang.id- Kabupaten Cianjur diguncang gempa pada Rabu, 19 Juni siang ini sekitar pukul 14.01 WIB. Kekuatan gempa mencapai 1,9 magnitudo.

Gempa Kesembilan Sejak Sabtu, 15 Juni 2024

Dari catatan BMKG, gempa bumi yang mengguncang hari ini bukanlah yang pertama kali. Melainkan gempa bumi ke sembilan kali yang guncang Cianjur sejak, Sabtu 15 Juni 2024.

“Monitoring gempa bumi sejak tanggal 15-19 Juni 2024 pukul 14.30 WIB telah terjadi sebanyak 9 kali pada lokasi yang berdekatan, 4 di antaranya dirasakan oleh masyarakat,” kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hartanto.

Untuk gempa bumi kesembilan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=1,9. Episenter terletak pada koordinat 6.82 LS dan 107.2 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Timur Laut Kabupaten Cianjur – Jabar pada kedalaman 27 km.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Cianjur dengan Skala Intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” tambahnya.

Namun menurut Hartanto, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow