Gempa Jawa Barat 3,5 Magnitudo Akibat Aktivitas Sesar Sumedang 

Gempa Jawa Barat, Sabtu, 18 Mei 2024 dini hari.

Infotangerang.id- Gempa Jawa Barat berkekuatan 3,5 magnitudo (M) terjadi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu, 18 Mei 2024 pukul 02.54 WIB. Pusat gempa bumi ini berada di darat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa dengan skala MMI III-IV Sumedang Utara, III-IV Sumedang Selatan, III Cimalaka, III Situraja, III Jatimulya, II Bandung.

Skala MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. MMI III yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan MMI IV yakni pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Pusat gempa berada di darat, 5 km dari Timur laut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 4 km. Lokasi gempa berada di koordinat 6,82 Lintang Selatan dan 107,94 Bujur Timur.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal daerah setempat (Sesar Sumedang).

Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan yang diakibatkan gempa tersebut.

“Saya sudah menyebarkan anggota, Alhamdulillah aman,” kata Atang, Sabtu pagi.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow