Gempa M 5 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 5 Guncang Aceh

Infotangerang.id– Gempa berkekuatan magnitudo 5 mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Simeulue, Aceh pada hari ini, Sabtu 25 Mei 2024 pada pukul 07.10 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini memiliki parameter yang diperbarui dengan magnitudo M4,9.

“Episenter gempa terletak pada koordinat 3,69° LU dan 94,83° BT, tepatnya berada di laut dengan jarak 134 km arah barat daya dari Kota Calang, Aceh, pada kedalaman 13 km,” kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono, kepada wartawan pada Sabtu 25 Mei 2024.

Daryono menjelaskan bahwa berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa di Simeulue, Aceh ini tergolong sebagai gempa dangkal yang disebabkan oleh subduksi Lempeng Indo-Australia di bawah Lempeng Eurasia.

Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

“Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa ini menyebabkan guncangan di wilayah Calang, Aceh Jaya dengan skala intensitas II – III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah dan terasa seperti ada truk yang lewat),” ujarnya.

Daryono menambahkan bahwa hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bahwa bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa atau tidak mengalami kerusakan akibat getaran gempa yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” tegas Daryono.