Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Kota Tangerang Siapkan Posko Siaga Bencana

Ilustrasi Cuaca Buruk (dok infotangerang)

InfoTangerang.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melakukan antisipasi cuaca ektrem di penghujung tahun 2022.

Cuaca ekstrem itu seperti hujan badai dan angin kencang akan menyelimuti diberbagai daerah termasuk jabodetabek.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengatakan, berdasarkan surat edaran, semua eleman harus bersiap menghadapi cuaca saat ini.

Salah satunya membuat posko siaga bencana yang menyiapkan segala informasi dan edukasi bencana.

“Kita akan membuat posko-posko seperti yang dilakukan sebelumnya untuk mengedukasi dan menginformasikan kepada masyarakat manakala butuh evakuasi,” ujar Maryono saat berada di Gedung DPRD Kota Tangerang, Selasa (27/12/2022).

Menurutnya, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi.

“Itu yang kita lakukan, komunikasi persiapan menghadapi kebencanaan,” pungkasnya.

Diberitakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar semua elemen masyarakat untuk mewaspadai adanya cuaca ekstrem dimulai dari 28 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Kondisi tersebut perlu diwaspadai meningkatnya potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Tak hanya itu, kondisi tersebut juga berpotensi memicu peningkatan gelombang di perairan Selat Sunda. Gelombang berpotensi alami ketinggian dari 1,5 meter hingga 4 meter.

Dengan potensi cuaca esktrem tersebut, masyarakat dimintrta waspada dan melakukan upaya antisipasi seperti tidak membuang sampah sembarang, bersihkan saluran sungai, hindari tanah yang rawan longsor, serta waspada terhadap bencana alam. (MYA/ASN)