Hati-Hati Perokok Lebih Rentan Terjangkit Virus Corona

ilustrasi perokok (foto:kompasiana.com)

infotangerang.net – saat ini pencegahan virus corona covid 19 menjadi prioritas beberapa negara di dunia termasuk di indonesia.

berdasarkan data Kasus virus corona Covid-19 yang terjadi di dunia mencapai 128.343 pada Jumat (13/3/2020) sore. Covid-19 telah tersebar di 115 negara dengan kasus terbanyak tercatat di Cina dengan jumlah 80.932.

dan pada 8 maret 2020 lalu WHO indonesia mengeluarkan pernyataan jika para perokok lebih rentan terjangkit virus corona.

pernyataan tersebut disampaikan oleh dr N Paranietharan, WHO Respresentative to Indonesia seperti dikutip dari detik.com

“Perokok berisiko tinggi untuk penyakit jantung dan penyakit pernapasan, yang merupakan faktor risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit parah atau kritis dengan COVID-19. Karena itu, perokok di Indonesia berisiko tinggi terkena COVID-19,” ungkap dr Paranietharan.

Komnas Pengendalian Tembakau bersama Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menghimbau masyarakat dan pemerintah agar lebih waspada terhadap virus corona terkait tingginya perokok di Indonesia.

Hal ini karena perilaku merokok merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko infeksi COVID-19 dan memperparah komplikasi penyakit yang diakibatkan. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *