Ini 7 Fakta di Balik Mitos Seputar Pemutih Kulit

Ilustrasi Foto ; freepik.com

Infotangerang.id, – Kulit putih dan bersih menjadi impian hampir setiap orang. Tak hanya terlihat menarik. Kulit putih juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. 

Berbagai jenis produk pemutih kulit sangat banyak di pasaran dan dengan mudah diperoleh.

Tetapi banyak mitos seputar pemutih kulit yang masih beredar dan dipercaya banyak orang. Padahal, mitostersebut belum tentu benar adanya. Malah bisa membuat orang jadi keliru dalam menggunakan produk pemutih kulit.

Nah, sebelum menggunakan produk pemutih kulit ada baiknya anda mengetahui mitos dan fakta seputar pemutih kulit terlebih dahulu.  

Berikut ini adalah beberapa mitos tentang pemutih kulit dan fakta yang ada di baliknya versi alodoktercom :

  1. Pemutih kulit aman dipakai saat sedang beraktifitas di luar ruangan.

Pernyataan ini belum tentu sepenuhnya benar. Sebab sebagian produk pemutih kulit biasanya mengandung zat aktif, seperti AHA dan Asam kolic yang bisa menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit. Kulit menjadi sensitif apabila kulit terpapar sinar matahari.

Nah untuk itu, ada baiknya nda tetap menggunaan tabir surya dengan kandungan mineral SPF 30 saat menggunakan pemutih kulit dan beraktifitas di siang hari.

Tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV yang dapat menimbulkan penuaan dini dan kanker kulit. 

  1. Produk pemutih kulit yang paling mahal pasti lebih bagus. 

Ini adalah mitos! Produk pemutih dengan harga mahal belum tentu selalu baik dibanding harga yang lebih murah.

Karena pada dasarnya, di setiap produk pemutih hampir memiliki kandungan yang sama. Terkadang, krim pemutih yang dijual di toko biasa bisa lebih efektif dibanding produk yang dijual di tempat ternama.

Hal ini tergantung pada karakter dan jenis kulit cocok atau tidaknya dengan produk yang digunakan.  

  1. Semakin banyak jenis kandungan pemutih yang dipakai akan semakin baik.

Hal ini tidak selalu benar. Beberapa zat dalam produk pemutih kulit justru tidak dapat bekerja dengan efektif atau malah berisiko menyebabkan iritasi kulit saat digunakan bersamaan.

Contohnya adalah mengombinasikan produk perawatan wajah yang mengandung retinoid dan AHA.

Kedua zat ini memiliki manfaat yang serupa, yaitu membuat kulit tampak lebih cerah. Namun, menggunakannya secara bersamaan dapat membuat kulit mudah kering dan iritasi.

Bila Anda tetap ingin memasukkan produk dengan kandungan tersebut ke dalam rutinitas perawatan wajah, sebaiknya gunakan secara bergantian setiap harinya dan hentikan bila muncul masalah pada kulit, seperti iritasi atau kemerahan.

  1. Kulit menjadi putih dengan cepat adalah hal yang baik.

Ungkapan ini tentu tidak benar. Sebab anda perlu berhati-hati dengan produk yang mengklaim bisa memutihkan kulit dengan cepat.

Karena produk pemutih dengan hasil cepat biasa menggunakan kandungan zat yang berbahaya, seperti mercuri.

Biasanya beberapa jenis produk yang mampu mencerahkan kulit mulai menunjukan hasilnya  2-4 minggu kemudian.

  1. Hidrokinon aman digunakan  

Anda tau hidrokinon? Ini merupakan salah satu zat pemutih kulit yang bekerja dengan cara menghambat produksi melanin. Tetapi, produk ini bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Mulai dari iritasi kulit, kanker kulit, hingga kerusakan ginjal.

Nah, hal itulah yang menjadi alasan kenapa hidrokinon tidak dijual bebas. dan hanya dijual dengan resep dokter atau petunjulk dokter. 

  1. Semakin banyak digunakan, kulit semakin cepat putih. 

Pernyataan ini belum tentu benar. Oleh karena itu, Anda wajib membaca terlebih dahulu kandungan dan petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan. 

Bila perlu, konsultasikan ke dokter terkait komposisi, cara penggunaan, risiko, dan aturan untuk menghentikan penggunaan produk tersebut.

  1. Kulit putih identik dengan wanita cantik

Tidak sedikit orang yang masih merasa penampilannya akan lebih menarik bila memiliki kulit putih. Bahkan, anggapan ini diperkuat oleh iklan beberapa produk pemutih kulit.

Padahal, kecantikan seseorang tidak hanya dilihat dari warna kulitnya saja. Tumbuhkan rasa percaya diri dengan apa yang Anda miliki. Dengan begitu, kecantikan akan terpacar dengan sendirinya.

Demikian fakta mengenai mitos pemutih kulit di atas dapat membantu Anda agar tidak salah informasi dan tidak langsung percaya pada informasi yang tidak jelas kebenarannya. Agar lebih aman, konsultasikan ke dokter untuk menentukan jenis pemutih kulit yang cocok untuk kondisi kulit Anda. (ADC/ASN)