Jalan Menuju Asrama Haji Belum Dibangun, PUPR Sebut Rampung Minggu Ketiga Juni 2023

InfoTangerang.id – Akses jalan menuju asrama Haji yang berada di wilayah Cipondoh, Kota Tangerang kini hingga saat ini belum dibangun.

Padahal, bangunan asrama tersebut telah selesai, bahkan sudah dapat digunakan.

Nampak, dari portal masuk menuju area gedung tersebut masih berupa tanah merah dan dipenuhi krikil pada jalannya.

Jalan yang diperkirakan memiliki lebar 4 meter itu belum teraspal sepenuhnya. Kondisi jalanan yang berdebu itu masih terlihat sampai ke depan gedung Asrama Haji.

Portal akses masuk yang tidak begitu jauh dari Kantor Kecamatan Cipondoh itu lumayan makan waktu hingga ke gedung utama, hal tersebut lantaran kendaraan yang melintas baik itu roda dua maupun empat tidak bisa melaju cepat.

Pantauan di lokasi, terdapat sejumlah alat berat. Terlihat juga sejumlah petugas PJU Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang tengah melakukan pemasangan tiang PJU.

Dari informasi yang didapat dari petugas di lokasi, hari ini 6 buah tiang lampung akan dipasang sementara pada bagian depan gedung dan area parkir.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membangun asrama haji dengan menghibahkan lahan seluas 4,4 hektar (ha) ke Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten.

Selama ini jemaah haji Kota Tangerang harus ke Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta, baik saat menunggu waktu keberangkatan menuju ke Tanah Suci maupun pulang dari sana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono mengklaim pihaknya akan menyelesaikan pembangunan jalan tersebut pada bulan Juni 2023 mendatang.

“Iya sama pupr kota itu kita bikin untuk dirapihkan supaya siap buat di lalui. Iya kan itu sebetulnya jalanya sudah ada, cuma karena buat kesiapan kedatangan jamaah haji itu kurang layak karena kan masih tanah itu kita rapihkan,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Lebih jauh Ruta menjelaskan, nantinya akses jalan yang memiliki panjang 700 meter itu akan dilakukan pengerasan base course yakni kerikil-kerikil yang telah dipadatkan.

“Sekarang kita lagi persiapan landasannya , nanti kerikilnya dalam seminggu kedepan. Kita ini masih lakukan pemadatan tanahnya dulu, karna kan kerikil lebih cepat kalau sudah di gelar. Iya minggu ketiga kita targetkan selesai. Kita dari pupr targetkan di lapangan siap di minggu ke 3 bulan juni,” pungkasnya. (MAY)