INFOTANGERANG.ID– Menjelang libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggecarkan kampanye “Saatnya Liburan #DiIndonesiaAja”.
Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan minat wisatawan nusantara untuk melakukan perjalanan dalam negeri, sekligus mendukung target 1,08 miliar perjalanan wisatawan pada tahun 2025.
Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar, Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan bahwa kampanye “Saatnya Liburan #DiIndonesiaAja” ini merupakan bagian dari gerakan #DiIndonesiaAja dan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).
Melansir dari Antara, kampanye ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk menikmati liburan Nataru dengan destinasi wisata lokal yang menarik.
Penawaraan Menarik Kampanye “Saatnya Liburan #DiIndonesiaAja”
Dalam rangka menyukseskan kampanye tersebut, Kemenpar bekerja sama dengan kementerian, lembaga terkait, BUMN, asosiasi pariwisata, dan pelaku industri wisata untuk menghadikan berbagai paket promo.
Mulai dari tiket pesawat, kereta, akomodasi, hingga paket wisata dengan harga khusus.
Selama libur akhir tahun, media sosial Kemenpar juga akan menyoroti kekayaan budaya, kuliner khas, traidisi lokal, hingga destinasi unggalan yanga da di Indonesia.
“Kami ingin menciptakan suasana liburan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru” ujar Ni Made sebagaimana dilansir dari Antara pada Minggu (26/10/2025).
Stimulus Liburan yang Membuat Perjalanan Lebih Hemat
Pemerintah juga menyediakan sejumlah stimulus khusus Nataru untuk mendukung pergerakan pariwisata, diantaranya:
1. Kereta Api: Diskon 30% untuk 1,5 juta penumpang periode 22 Desember 2025–10 Januari 2026.
2. Angkutan Laut Pelni: Diskon 20% untuk 405 ribu penumpang periode 17 Desember 2025–10 Januari 2026.
3. Penyeberangan ASDP: Potongan biaya jasa pelabuhan untuk 227 ribu penumpang dan 491 ribu kendaraan periode 22 Desember 2025–10 Januari 2026.
4. Tiket Pesawat: Penurunan harga hingga 12–14% berkat skema PPN Ditanggung Pemerintah (DTP), diskon fuel surcharge, dan penurunan harga avtur, berlaku untuk pembelian tiket 22 Oktober 2025–10 Januari 2026 dan periode penerbangan 22 Desember 2025–10 Januari 2026.
Ni Made mendorong pelaku industri pariwisata untuk menyiapkan promo tambahan, seperti diskon akomodasi, paket wisata, dan tiket transportasi.
Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman berwisata masyarakat sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dari sektor pariwisata.
“Dengan stimulus Nataru dan kampanye Saatnya Liburan #DiIndonesiaAja, kami optimistis pergerakan wisatawan dan belanja masyarakat meningkat, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional,” tambah Ni Made.

