Libur Waisak, Jalur Puncak Bogor Terpantau Padat : Jadwal One Way dan Jalur Alternatif

Foto : Instagram @jktinfo

Infotangerang.id– Jalur wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau padat pada hari ini, Kamis 23 Mei 2024.

Puncak Bogor memang selalu menjadi destinasi nomor satu yang paling banyak di datangi oleh warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan akhri pekan.

Apalagi saat ini, tengah libur panjang akhir pekan karena memperingati Hari Raya Waisak, cuti bersama serta libur akhir pekan, maka tak heran jalur puncak Bogor mengalami kepadatan arus lalu lintas.

Karena kepadatan yang mengular di kawasan wisata Puncak dipadati kendaraan wisatawan, Satlantas Polres Bogor menerapkan arus lalu lintas sistem satu arah (one way) dari arah Jakarta menuju Puncak, sistem lawan arus di pintu keluar tol Ciawi untuk mengurai kemacetan kendaraan.

Sebeneranya untuk mengantisipasi hal tersebut, Satlantas Bogor memang telah memberlakukan sistem buka tutup jalan atau one way mulai hari ini, Kamis, 23 Mei 2024. Berikut jadwal lengkapnya:

Jadwal Buka Tutup (One Way)

Arah Puncak:
07.00 – 11.00 WIB

Arah Jakarta:
13.00 – 17.00 WIB

Namun, perlu diingat bahwa jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada situasi lalu lintas yang dinamis.

Untuk memastikan perjalanan tetap lancar, selalu pantau informasi terkini dari pihak berwenang sebelum berangkat.

Selain itu, patuhi rambu-rambu lalu lintas serta arahan dari petugas di lapangan untuk menjaga ketertiban dan keselamatan bersama.

Tentunya, dengan persiapan yang matang dan kepatuhan terhadap aturan, perjalanan akan menyenangkan dan sampai di tujuan dengan selamat.

Rekomendasi Jalur Alternatif Puncak Bogor

Supaya terhindar dari macet yang berkepanjang, berikut adalah beberapa rute yang dapat dipilih untuk menuju tempat wisata tujuan:

1. Jalur Sentul – Simpang Pasir Angin: Rute ini ideal bagi Anda yang datang dari arah Jakarta. Dari Tol Jagorawi, keluar di Sentul Selatan dan ikuti petunjuk arah menuju Simpang Pasir Angin.

2. Jalur Cileungsi – Cariu: Sebagai alternatif lain dari arah Jakarta, Anda bisa melewati Cileungsi menuju Cariu. Meskipun rute ini sedikit lebih panjang, Anda akan disuguhi pemandangan pedesaan yang asri.

3. Jalur Ciawi – Cisarua: Jika Anda berada di sekitar Ciawi, jalur ini bisa Anda ambil menuju Cisarua. Meski berkelok-kelok, jalannya cukup lebar dan beraspal mulus.

4. Jalur Tapos: Untuk menghindari keramaian, rute ini cocok bagi Anda. Dari Jalan Raya Bogor, belok ke arah Tapos dan ikuti jalan hingga tembus ke Cisarua.

Redaksi
Reporter