Lima Rute Favorit Libur Panjang Kesaktian Pancasila dan Hari Waisak 2023

InfoTangerang.id – Tangerang-Senior Manager Of Branch Communication & Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi mengatakan sejumlah kota di Indonesia dan Luar Negeri menjadi destinasi favorit penumpang pesawat pada libur Kesaktian Pancasila dan Hari Waisak akhir pekan ini. 

Menurut Holik, rute domestik yang paling diminati oleh penumpang saat long weekend ini adalah Denpasar, Bali kemudian Kualanamu dan Surabaya. Sementara untuk rute luar negeri ada Singapura dan Malaysia. 

Holik  berharap dengan adanya long weekend ini dapat juga menambah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Pergerakan pesawat juga yang rata-rata sekitar 900 flight, mudah-mudahan di long weekend ini bisa bertambah lagi di Bandara Soekarno-Hatta,” tutur Holik. 

PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta meningkat pada Libur Hari Lahir Pancasila 1 Juni dan Hari Raya Waisak 4 Juni 2023. 

“Kenaikan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 15 persen dibanding hari biasa,” kata Holik. 

Holik mengatakan, ditambah adanya cuti bersama pada Jumat, 2 Juni hingga perayaan Waisak pada Minggu, 4 Juni 2023 atau  akhir pekan yang panjang (long weekend) membuat masyarakat memilih bepergian ke daerah wisata. 

“Berdasarkan data di hari ini memang ada peningkatan sebesar 10-15 persen penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta,” kata Holik 

Holik menjelaskan, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta rata-rata 120-130 ribu per hari dengan jumlah pergerakan pesawat kurang lebih 900 penerbangan baik takeoff maupun landing. 

“Rencana penerbangan hari ini ada sekitar 140 ribu penumpang. Kami prediksi untuk besok mungkin akan ada penambahan lagi terkait dengan jumlah penumpang yang melewati Bandara Soekarno-Hatta,” kata Holik. (JJO/ASN)