Polres Tangerang Pasang Ratusan Unit Kamera CCTV di Wilayah Titik Rawan Kejahatan

Ilustrasi CCTV

Infotangerang.id – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten tengah memasang ratusan kamera pengawas keamanan atau Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik di daerah itu sebagai menekan angka kejahatan.

Kapolresta Tangerang Kombespol Dani Sigit Setiono mengatakan bahwa hingga saat ini sebanyak 240 kamera pengawas di sejumlah kawasan rawan terjadinya tindak pidana telah dipasang oleh pihaknya.

“Kita akan menambah jumlah pantauan CCTV yang ditargetkan sebanyak 300 kamera, dan saat ini yang sudah terpasang lebih kurang sebanyak 240 kamera dari sebelumnya di wilayah Kabupaten Tangerang tidak ada,” ucap Dani di Tangerang, Jumat (17/03/2023).

Menurut Sigit, pemasangan kamera CCTV melalui program “Mataraksa” ini dinilai sangat efektif untuk membantu petugas keamanan melakukan pengawasan dan melacak para pelaku kriminalitas.

Dimana, dari kamera pendukung pengawasan itu bisa memonitor secara rinci wajah pelaku yang melakukan aksi tindak pidana tersebut.

“Dan dengan begitu, kemampuan kepolisian dalam mengawasi aksi kriminalitas akan lebih banyak mencakup daerah/titik rawan kejahatan itu,” katanya.

Ia menuturkan, CCTV yang terpasang di sejumlah wilayah tersebut hasil kerjasama antara pihak pemerintah daerah, swasta dengan kepolisian dalam melakukan penindakan atas pelanggaran pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat.

“Dari Pemerintah Tangerang telah mendukung program ini dan akan membantu untuk melakukan penambahan kamera CCTV lagi,” tuturnya.

Ia menyebutkan, secara spesifik bahwa wilayah hukum Kabupaten Tangerang dianggap rawan terjadinya aksi kejahatan, sehingga upaya peningkatan pengawasan perlu ditingkatkan.

“Seperti daerah Cikupa, Cisoka dan Balaraja itu sering terjadi aksi kejahatan. Tetapi semua daerah kita anggap rawan dan harus diawasi,” ungkapnya. (AZM/ASN)