Profil Niki Zefanya, Penyanyi Indonesia pertama yang Tampil di Jimmy Kimmel Live

Infotangerang.id– Niki Zefanya atau yang dikenal sebagai NIKI, menjadi penyanyi Indonesia pertama yang tampil di acara bincang-bincang populer Amerika Serikat, Jimmy Kimmel Live!

Momen ketika Niki menjadi bintang tamu dan tampil di Jimmy Kimmel Live ini, dibagikan langsung melalui akun Instagram resminya, @nikizefanya.

Dalam penampilannya, Niki membawakan lagu berjudul “Too Much of a Good Thing” dari album terbarunya bertajuk Buzz.

Penampilan Niki tersebut diunggah oleh Jimmy Kimmel di akun YouTube-nya pada Kamis, 30 Mei 2024.

Video tersebut tentu langsung viral diantara netizen Indonesia sehingga mereka berbondong-bondong menonton perform Niki sebagai bentuk kebanggaan mereka atas pencapaian Niki yang luar biasa.

Hingga berita ini dipublikasikan, video Niki yang menyanyikan lagu “Too Much of a Good Thing” telah ditonton lebih dari 65 ribu kali.

Album terbaru Niki sendiri dijadwalkan akan dirilis pada 9 Agustus mendatang. Jimmy Kimmel juga turut mempromosikan album terbaru Niki kepada penonton di Amerika.

Lalu bagaimana sosok Niki sebenarnya? Berikut profil singkat Niki Zafanya.

Profil Niki Zefanya

Niki Zefanyaa
Profil Niki Zefanyaa

Melansir dari beberapa sumber, Niki atau dengan nama asli Nicole Zefanya, lahir pada 24 Januari 1999 di Jakarta dan merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Karirnya didunia musik telah berhasil membawa namanya menjadi salah satuny penyanyi Indonesia yang go internasional.

Bakat Niki dalam bermusik juga sebenarnya sudah terlihat sejak ia masih kecil. Niki sudah menunjukkan kecintaannya yang mendalam terhadap musik sejak usia 8 tahun.

Bakat menyanyi Niki ternyata diwarisi dari ibunya yang merupakan seorang penyanyi gereja. Bakatnya juga sudah mulai diasah sejak dini oleh kedua orang tuanya.

Ketika kecil, setiap Sabtu ibunya selalu mengantar Niki untuk berlatih vokal.

Sehingga sejak kecil Niki sudah akrab dengan musik R&B tahun 90-an dan hip hop, seperti Aaliyah, Boys II Men, dan Lauryn Hill.

Tak hanya sang ibu, ayahnya juga ikut andil dalam mengasah bakat Niki dengan sering memutar lagu-lagu Whitney Houston saat Niki kecil rewel.

Pendidikan formal Niki juga bisa dibilang sudah luarbiasa.

Niki bersekolah di sekolah internasional, sehingga budaya barat sangat mempengaruhi dirinya.

Hal tersebut juga yang membuat Niki fasih berbahasa Inggris sejak dini, karena sebagian besar gurunya berasal dari Amerika dan Kanada.

Selain itu, Niki juga sering menonton acara TV Amerika, sehingga ia memiliki aksen Amerika yang kuat.

Jenjang kuliahnya pun Niki lebih memilih melanjutkan kuliah di Nashville, Tennessee.

Perjalanan Karir Niki

Sebelum terkenal di dunia internasional, Niki pernah berduet dengan Gavin MJ dalam lagu “Suka Kamu” pada tahun 2012.
Kariernya di industri musik mulai menonjol setelah dirinya memenangkan kompetisi Cornetto Ride To Fame.

Kemenangan ini yang kemudian memberinya kesempatan untuk menjadi pembuka dalam konser Red Tour Taylor Swift di Indonesia pada tahun 2014 silam.

Tak lama setelah itu, Niki mulai aktif di kanal YouTube-nya. Awalnya, ia sering mengunggah video di mana ia melakukan cover lagu-lagu populer.

Namun sayangnya, video-video tersebut kini telah dihapus.

Pada tahun 2014, Niki menandatangani kontrak dengan Sony Music menggunakan nama panggung Nichole Zefanya.

Namun, kariernya melonjak saat Rich Brian mengirim pesan di Instagram dan menyatakan dirinya sebagai penggemar Niki.

Saat itu, Niki sedang mengalami putus cinta, yang kemudian menginspirasinya untuk menulis lagu yang mencerminkan perasaannya terhadap mantan kekasihnya.

Lagu tersebut berjudul “See You Never”, dan akhirnya Niki memperlihatkannya kepada Rich Brian.

Rich Brian memberikan respons yang positif, mengatakan bahwa lagu itu sangat menarik. Dia kemudian bertanya kepada Niki apakah boleh membantu memproduksi lagu tersebut.

Niki Zefanya
Niki Zefanya & Rich Brian

Bisa dibilang, Rich Brian juga serta andil dalam perjalanan karir Niki di Negeri Paman Sam tersebut.

Setelah “See You Never” dirilis, Niki kemudian ditawari kontrak rekaman dengan 88rising. 88rising merupakan label rekaman yang menaungi banyak musisi Asia di industri musik Hollywood.

Beberapa musisi Indonesia yang tergabung di 88rising antara lain Rich Brian dan Stephanie Poetri.

Pada awalnya, ayah Niki tidak begitu setuju dengan keputusannya untuk fokus di dunia musik.

Namun, setelah video klipnya di YouTube mencapai jutaan penonton, akhirnya sang ayah kini mendukung sepenuhnya kariernya.

Koloborasi dengan Honne

Pada tahun 2021, duo HONNE merilis singel baru berjudul “Coming Home”, di mana mereka berkolaborasi dengan Niki.

Singel “Coming Home” merupakan bagian dari album terbaru HONNE yang berjudul “Let’s Just Say The World Ended A Week From Now, What Would You Do?”.

Melansir dari Kompas.com pada Senin, 3 Juni 2024, Andy Clutterbuck, salah satu personel HONNE, menjelaskan alasan mereka mengajak NIKI untuk berkolaborasi.

“Dia (Niki) memiliki suara yang luar biasa. Dia memiliki suara yang bagus secara alami dan kepribadiannya begitu mengagumkan.” Ujar Andy Clutterbuck dalam wawancara eksklusif virtual.

Andy juga menjelaskan bahwa aksen Inggris Niki juga sangat bagus, yang sangat membantu dalam proses produksi lirik lagu.
“Dia bisa dengan mudah beradaptasi dan memiliki aksen Inggris yang luar biasa,” lanjut Andy.

Meskipun proses pembuatan “Coming Home” dilakukan selama masa pandemi, sang produser menyebut bahwa komunikasi mereka berjalan dengan lancar dan tanpa masalah.

Penyanyi Indonesia pertama yang tampil di Jimmy Kimmel Live!

Niki Zefanya,  Jimmy Kimmel
Niki Zefanya, Jimmy Kimmel

Melalui media sosial Jimmy Kimmel Live!, video penampilan NIKI membawakan lagu baru berjudul “Too Much of A Good Thing” dibagikan.

“Her album Buzz comes out August 9th. Here with the song ‘Too Much of A Good Thing,’ Nikki!” ujar Jimmy dalam video tersebut.

Di acara tersebut, NIKI menyanyi sambil memainkan gitar dengan diiringi oleh house band. NIKI terlihat bangga dengan penampilannya di acara populer tersebut dan membagikan sejumlah foto.

“Debut larut malam malam ini di @jimmykimmellive,” tulis NIKI dalam unggahan Instagram-nya.

Instagram Niki Zefanya

NIKI menyertakan emoji mata berkaca-kaca dan jantung merah dalam unggahan tersebut. Sementara dalam unggahan lainnya, NIKI membagikan video dari acara tersebut dan memberi pesan pada ibunya.

“Mom look she’s on Kimmel!!!!” tulisnya disertai emoji menangis.

Unggahan NIKI itu juga tampak disukai oleh penyanyi Indonesia, Anggun C. Sasmi.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com