Ratusan Rumah di Sukamulya Tangerang Kebanjiran Akibat Tanggul Sungai Cimanceuri Jebol

Infotangerang.id – Ratusan Rumah di Sukamulya Tangerang Kebanjiran.

Ada ratusan rumah warga di Perumahan Griya Sutera dan Grand Harmoni 2 Balaraja, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, kebanjiran akibat jebolnya tanggul Sungai Cimanceuri.

Berdasarkan data yang dihimpun, ada sebanyak 120 rumah warga yang terendam banjir. Sementara sebanyak 150 keluarga pun harus terpaksa mengungsi.

Adapun puncak tingginya air yang merendam rumah warga diperkirakan mencapai satu meter.

Banjir ini diakibatkan jebolnya tanggul Sungai Cimanceuri yang terjadi pada Minggu (28/4/2024) malam. Terlebih, curah hujan belakangan ini sedang deras-derasnya.

Menurut warga setempat Andre Laurent, debit air banjir saat ini sudah mulai menyusut. “Waktu kemarin sempat tinggi air banjirnya, tapi sekarang yang di Griya Sutera sudah mulai surut, kalau yang di Grand Harmoni masih banjir,” ujarnya, pada Rabu (1/5/2024).

Andre mengatakan, banjir ini melumpuhkan aktivitas warga. “Ini kalau dari informasi banjirnya karena tanggul sungai jebol,” jelasnya.

Adapun dalam menangani warga terdampak banjir, pihak pemerintah daerah menyediakan posko pengungsian yang dilengkapi dengan fasilitas dapur umum dan fasilitas kesehatan.

Kendati saat ini sudah mulai surut, kata Andre, dirinya mulai membersihkan rumah pasca-banjir. “Kalau saya sudah mulai bersih-bersih rumah, karena memang rumah sudah bisa ditempati kembali,” tuturnya.

Andre berharap banjir ini tidak terjadi lagi. “Yang pasti saya harap banjir bisa tertangani sehingga tidak terulang kembali, karena dampaknya sangat tidak baik,” pungkasnya.