SE Kadisnaker Jadi Polemik Dikalangan Serikat Pekerja, Rudi Hartono : Telah Dirubah

Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono

Infotangerang.id – Dinas Tenaga Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Tangerang menggelar dialog pencatatan serikat pekerja atau serikat buruh.

Kegiatan itu digelar dalam rangka mendukung pembinaan ketenagakerjaan di wilayahnya di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang pada Senin, 03 Juni 2024.

Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mempererat hubungan pemerintah dengan serikat pekerja dan menciptakan suasana yang kondusif.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan iklim ketenagakerjaan yang kondusif dan harmonis di Kabupaten Tangerang,” ucap Rudi, Selasa, 4 Juni 2024.

Selain itu, memastikan bahwa pencatatan serikat pekerja berjalan dengan transparan dan efisien.

Disnaker Kabupaten Tangerang juga melakukan dialog terkait Surat Edaran (SE) Kadisnaker Kabupaten Tangerang nomor : 560/3464 – Disnaker/2023.

“Dimana pada poin itu terkait layanan non-perizinan pencatatan serikat pekerja/serikat buruh sempet menjadi polemik dikalangan para pekerja/buruh” ujar Rudi.

Rudi menerangkan, setelah dialog bersama para buruh, SE Kadisnaker Kabupaten Tangerang nomor : 560/3464 – Disnaker/2023 dilakukan penyesuaian dan diganti dengan SE baru Nomor : B/500.15.13/224/V/DISNAKER/2024.

Dimana, rekan serikat pekerja keberatan dengan dua poin pada SE tersebut. Yakni nomor 4 dan 6.

“Pada nomor 4 itu terkait surat keterangan bekerja dari perusahaan disesuaikan menjadi surat yang menerangkan bekerja di perusahaan yang dapat berupa surat perjanjian kerja/slipgaji/id card/ BPJS ketenagakerjaan atau surat bekerja lainnya yang bisa dipertanggungjawabkan,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang terus berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama yang baik dengan serikat pekerja/serikat buruh.

Serta memastikan bahwa setiap serikat pekerja/serikat buruh terdaftar secara resmi dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

“Saya berharap kita bersama dapat bekerjasama lebih baik lagi dan semoga layanan pencatatan serikat pekerja/serikat buruh ini bisa dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai perwakilan serikat pekerja dan serikat buruh di Kabupaten Tangerang.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dimas Wisnu Saputra
Reporter