Sinopsis Film Suanggi dan Jadwal Tayangnya

Poster Film Suanggi

Infotangerang.id– Film Suanggi: Ilmu Terkutuk, film horor garapan Mutiara Films dan Subtube Studio ini sebentar lagi siap tayang di biskop Indonesia.

Film ini didasarkan pada mitos ilmu hitam Suanggi yang berasal dari Papua.

‘Suanggi’ sendiri adalah salah satu folklor atau tahayul yang masih hidup di masyarakat Indonesia Timur.

Mitos dan legenda ‘Suanggi’ merupakan contoh warisan budaya takbenda yang termasuk dalam cerita rakyat dan kepercayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Keberadaan legenda ‘Suanggi’ yang begitu sakral dan tabu menarik perhatian Mutiara Films dan Subtube Studio untuk mengangkatnya ke layar lebar.

Lalu bercerita tentang apakah film tersebut? Berikut penjelasannya:

Sinopsis Film Suanggi

Film Suanggi: Ilmu Terkutuk bercerita tentang Beni, seorang mantan penyanyi yang kini sedang menghadapi masa-masa sulit karena terlilit hutang hingga ratusan juta rupiah.

Di tengah situasi sulit tersebut, Beni memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya guna menjenguk ibu angkatnya yang sedang sakit.

Namun, kepulangan Beni sebenarnya memiliki niat tersembunyi untuk menguasai harta milik ibu angkatnya.

Niat jahat Beni ini ternyata membawa teror dari sihir Aroba, yang merupakan seorang Suanggi.

Ternyata, ibu angkat Beni selama ini diam-diam dilindungi oleh kakak angkatnya, seorang mantan biarawati yang keluar dari biara untuk merawat ibu angkat mereka.

Pemain Film Suanggi

Pemain Film Suanggi
Pemain Film Suanggi

Film garapan sutradara Dom Dharmo ini dibintangi oleh sederet aktor muda seperti Pangeran Lantang sebagai Beni dan Carissa Perusset sebagai Gia.

Kedua aktor muda itulah yang didapuk sebagai pemeran utama dalam film bergenre horor tersebut.

Carissa Perusset bahkan mengungkapkan ketertarikannya untuk bergabung karena merasa belum ada film horor yang mengangkat kisah mistis dari Papua.

Selain itu, ia menilai setiap karakter dalam film Suanggi: Ilmu Terkutuk memiliki keunikan tersendiri.

“Kenapa mau? Karena belum ada film horor yang mengangkat cerita tentang Papua. Proyek ini berbeda, dengan cast dan kru yang baik, saling membantu dan mendukung. Aku belum pernah menemukan yang seperti ini. Semua karakternya unik,” ujar Carissa seperti yang dilansir di Viva.co.id pada Rabu, 29 Mei 2024.

Sedangkan Pangeran Lantang mengungkapkan ketertarikannya pada cerita yang disajikan dalam film Suanggi: Ilmu Terkutuk.

Dia juga memuji kerjasama seluruh pemain dan kru yang sangat kooperatif.

“Sejak pertama kali bertemu, semua orang baik dan membuat saya nyaman bekerja, saya merasa sangat terbantu. Meskipun saat casting mungkin belum maksimal, PH terus memberikan kesempatan hingga akhirnya saya berada di sini. Saya sangat menyukai ceritanya,” ujar Pangeran Lantang.

Pangeran Lantang juga mengakui bahwa ia sempat mengalami kesulitan dalam mempelajari dialek Papua.

“Akting adalah tantangan, terutama dialek dan bahasa yang sangat sulit. Dari awal, saya memang mengalami kesulitan,” ujar Pangeran Lantang.

“Namun, dengan bantuan pemain lain yang berasal dari Papua, saya terus belajar. Sampai sekarang, saya masih belajar,” tambahnya.

Film Suanggi: Ilmu Terkutuk tersebut, selain dibintangi oleh Carissa Perusset dan Pangeran Lantang.

Film Suanggi juga akan diperankan oleh Iwa K (Ariba), John Yewen ( Bapak John), Obimesak Nubatonis (Salem), Pace Cello ( Tinus), Ian Williams (Reynold), Bona Pascal (Frans).

Selain itu, ada juga Dayu Wijanto (Mama Lin), Endhita (Sonya), Stany Imbiri (Maria), Eugenia Y (Wawa),  Keanu Azka (Bagas) dan banyak lagi aktor lainnya.

Jadwal Tayang Film Suanggi : Ilmu Terkutuk

Film Suanggi: Ilmu Terkutuk ini, dijadwalkan akan memulai proses syuting pada 27 Mei 2024.

Sampai artikel ini diterbitkan, jadwal tayang film Suanggi: Ilmu Terkutuk belum diumumkan. Namun, Mutiara Films dan Subtube Studio berusaha agar film ini bisa dirilis pada akhir tahun ini.