UM-PTKIN 2024 Resmi Diperpanjang Hingga 18 Juni 2024. Ini Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

Foto : Kemenag RI

Infotangerang.id– Simak informasi tentang UM-PTKIN 2024 yang resmi diperpanjang.

Panitia nasional penerimaan mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) tahun 2024 telah mengumumkan perpanjangan periode pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun ini.

Awalnya, pendaftaran UM-PTKIN dibuka dari tanggal 17 April hingga 15 Juni 2024.

Namun, sekarang pendaftaran telah diperpanjang hingga Selasa, 18 Juni 2024, pukul 15.00 WIB.

Perpanjangan periode pendaftaran UM-PTKIN ini dituangkan dalam Surat Pemberitahuan Perubahan Jadwal UM-PTKIN 2024 dengan nomor B-281/PMB-PTKIN/VI/2024.

Ketua Panitia Nasional PMB PTKIN 2024, Prof Dr Nyayu Khodijah, menyampaikan bahwa perpanjangan masa pendaftaran UM-PTKIN dilakukan karena tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Hal ini dibuktikan dengan data dari panitia nasional yang menunjukkan jumlah pendaftar UM-PTKIN meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Serta masih banyak calon mahasiswa yang belum menyelesaikan proses finalisasi pendaftaran.

“Perpanjangan masa pendaftaran kami lakukan untuk memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa-siswi di Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan ke PTKIN,” ungkap Nyayu dalam pernyataannya pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Nyayu menegaskan bahwa perpanjangan waktu pendaftaran ini tidak akan mempengaruhi jadwal pelaksanaan ujian UM-PTKIN yang tetap akan dilaksanakan pada 24-30 Juni 2024.

Selain itu pengumuman hasil kelulusan juga akan tetap diumumkan pada 8 Juli 2024 pukul 15.00 WIB.

Ia berharap sisa waktu sekitar tiga hari ini dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk menyelesaikan proses pendaftaran mereka.

“Kami meyakini bahwa setiap individu memiliki potensi yang luar biasa. Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para pelajar di seluruh Indonesia untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan memperpanjang masa pendaftaran UM-PTKIN,” ujarnya.

Persyaratan UM-PTKIN 2024

Berikut ini persyaratan UM-PTKIN 2024 :

  • Calon peserta harus berasal dari MA, MAK, SMA, SMK, SPM, PDF, PKPPS, atau yang setara, dan merupakan lulusan tahun 2022, 2023, atau 2024.
  • Bagi lulusan tahun 2024, wajib melampirkan surat keterangan lulus (SKL), pengumuman kelulusan, KTP, atau kartu siswa.
  • Lulusan tahun 2023 dan 2022 harus menyertakan ijazah atau surat keterangan lulus (SKL).
  • Harus memiliki nomor induk siswa nasional (NISN).
  • Harus memiliki email aktif yang dapat dihubungi.
  • Harus memiliki nomor WhatsApp aktif yang dapat dihubungi.

Cara Mendaftar UM-PTKIN 2024

Langkah-langkah pendaftaran untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Buat Akun UM-PTKIN

Pilih opsi “Daftar” jika Anda memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tetapi belum memiliki akun SPAN-PTKIN.

Setelah mendaftar, Anda akan menerima username dan password melalui email yang digunakan untuk mendaftar.

2. Login

Klik “Login” dan masukkan username/NISN serta password yang telah diberikan.

3. Isi Biodata

Lengkapi biodata secara online melalui situs web [https://um.ptkin.ac.id/](https://um.ptkin.ac.id/) atau aplikasi mobile Android UM-PTKIN 2024 hingga Anda menerima invoice beserta nomor virtual account serta informasi tentang jumlah pembayaran dan cara pembayarannya.

4. Lakukan Pembayaran

Bayar melalui Bank Mandiri atau saluran pembayaran lainnya.

Setelah pembayaran, Anda akan menerima bukti pembayaran. Perhatikan bahwa biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

5. Lanjutkan Pendaftaran Online

Setelah pembayaran, cek status pembayaran, pilih program studi dan lokasi ujian PTKIN/PTN.

Kemudian cetak kartu peserta ujian melalui situs web [https://um.ptkin.ac.id/](https://um.ptkin.ac.id/) atau aplikasi mobile Android UM-PTKIN 2024.

6. Ikuti Ujian

Ikuti ujian Seleksi Sistematis & Elektif (SSE) UM-PTKIN di lokasi ujian yang telah ditentukan oleh PTKIN atau PTN.

Pastikan untuk selalu memperbarui informasi dari sumber resmi UM-PTKIN mengenai proses pendaftaran tahun 2024.

Peluang Beasiswa yang Meraih Nilai Tertinggi

Ketua Admisi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Muamar Yulian, menyatakan bahwa perpanjangan masa pendaftaran ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak peluang bagi calon mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan di PTKIN, khususnya di UIN Ar-Raniry.

Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, calon mahasiswa melalui jalur UM-PTKIN dapat memilih dari 29 program studi yang ditawarkan.

Menurut Muamar, ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama (Kemenag) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) bagi mereka yang meraih nilai tertinggi di program studi yang terakreditasi unggul.

“Melalui jalur ini, calon mahasiswa dapat memilih dari 29 program studi yang tersedia di UIN Ar-Raniry. Terdapat peluang beasiswa bagi mereka yang mendapatkan nilai tertinggi di program studi dengan akreditasi unggul,” jelasnya.

UIN Ar-Raniry menyediakan kuota sebanyak 1.992 kursi untuk jalur ini.

“Kami mengundang seluruh calon mahasiswa yang berminat untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi UMPTKIN,” kata Muamar.

Berdasarkan data hingga pukul 14.30 WIB hari ini, terdapat lima program studi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang memiliki jumlah peminat rendah.

Hal tersebut tentua memberikan peluang besar bagi calon mahasiswa untuk diterima melalui jalur UM-PTKIN 2024.

Program studi tersebut adalah Ilmu Hadis, Aqidah dan Filsafat Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Perbandingan Mazhab, dan Studi Agama-Agama.

Di sisi lain, lima program studi dengan jumlah peminat tertinggi adalah Ekonomi Syariah, Manajemen Bisnis Syariah, Perbankan Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Bimbingan dan Konseling Islam.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.