90 Calon Pengantin di Tigaraksa Diberikan Edukasi Cara Mencegah Stunting

Calon Pengantin di Tigaraksa Diberikan Edukasi Cara Mencegah Stunting

Infotangerang.id – Sedikitnya 45 pasang atau 90 calon pengantin diberikan edukasi cara mencegah stunting dalam gelaran Gerakan Turunkan Stunting Kepada Calon Pengantin (Gunting Kain) pada Selasa, 11 Juni 2024.

Hal tersebut sesuai dengan Program Grebek Posyandu yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk menekan angka stunting pada anak.

Camat Tigaraksa, Cucu Abdurrosyid mengatakan dalam menurunkan angka stunting, pihaknya akan memulai dari hulu sampai hilir. Dimana, dari sebelum jenjang pernikahan diberikan pemahaman tentang penyakit stunting.

“Jadi sejak mereka belum menikah harus diberikan pemahaman sehingga nantinya saat melahirkan keluarga baru itu sudah tahu cara menurunkan stunting,” kata Cucu kepada Infotangerang.id.

Kolaborasi dengan Berbagai Pihak

Lebih lanjut, Cucu mengatakan dalam mensukseskan acara tersebut pihaknya berkolaborasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Tigaraksa dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tangerang.

“Kita kolaborasi bersama stakeholder seperti KUA Tigaraksa luar biasa dapat melakukan upaya dalam penurunan stunting menyelenggarakan pembinaan bagi calon pengantin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KUA Tigaraksa, H. Hunaepi mengatakan bahwa dalam acara tersebut dihadiri hampir 45 pasangan yang akan menikah.

“Ditotal kurang lebih 90 orang, hal ini dilakukan guna mencegah penurunan stunting,” katanya.

Hunaepi memaparkan, bahwa 45 pasangan tersebut diberikan pemahaman bagaimana caranya melakukan penurunan stunting. Jadi dari usia remaja, lanjut jenjang pernikahan, kehamilan dan melahirkan dan 1000 hari pertama kehidupan.

Kata Hunaepi, pihaknya akan terus memberikan pemahaman kepada para Calon Pengantin selanjutnya.

“Jadi kita paparkan dalam acara itu bagaimana caranya agar anak tidak terkena stunting, menjaga kesehatan, dan lainnya. Agar generasi mereka selanjutnya bebas dari penyakit tersebut,” paparnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife