Infotangerang.id- Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang menyediakan 12 konter Fast Track, yakni sebuah fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen calon jemaah haji Indonesia oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia.

“Jalur cepat haji itu dinamakan Makah Road dan telah disiapkan di Terminal 2D. Melalui Makah Road, para calon jemaah haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat,” ujar Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi.

Berbagai sarana fasilitas lainnya juga telah ditambahkan, seperti kursi pada ruang tunggu, mushola, hingga penambahan toilet portable.

Percepat Layanan Jemaah Haji, Bandara Soekarno-Hatta Sediakan 12 Konter Fast Track
Konter Fast Track

Penggunaan konter fast track keimigrasian Arab Saudi pertama kali digunakan pada musim Haji 2023. Kini, pada Minggu dini hari, 12 Mei 2024, sebanyak 388 calon jemaah haji kloter pertama asal Embarkasi Jakarta menggunakan kembali fasilitas tersebut.

“Berangkatnya jemaah haji kloter pertama ini juga menandai dimulainya operasional haji 1445 H/2024 Masehi,” ungkap Holik.

Untuk tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta menjadi titik keberangkatan untuk 128 kloter dari DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi, dengan total 53.621 calon jemaah haji. Dengan jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan dari tanggal 12 Mei hingga 10 Juni 2024, dan jadwal kepulangan yang direncanakan mulai dari tanggal 22 Juni hingga 22 Juli 2024.

Lalu, selama pelaksanaan haji, Bandara Soekarno-Hatta akan mengerahkan total 3.296 personel guna kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Hanya 2 Menit

Konter Fast track yang disebut Makkah Route ini hanya membutuhkan waktu dua menit saja per orangnya, untuk pengecekan dokumentasi kewarganegaraan. Kemudian, para jemaah bisa langsung menuju pesawat untuk persiapan menuju Tanah Suci.

Ditambah lagi, jika ada calon jemaah haji yang menggunakan kursi roda dalam mobilitasnya, akan ada petugas yang akan langsung sigap membantu. Sehingga perjalanan tidak akan tersendat hingga naik ke atas pesawat.

 

Baca berita lainnya di Tangselife dan Infotangerang

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor