Infotangerang.id – Meskipun Timnas Malaysia tersingkir di semifinal Piala AFF U19 2024, pendukung Malaysia mengatakan bahwa negara mereka masih lebih baik dari Timnas Indonesia.

Hal ini terjadi tak lama setelah Malaysia kalah dramatis dari Timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF U19 2024 dengan skor tipis 0-1.

Seperti yang diketahui, Malaysia sebelumnya memiliki keunggulan yang signifikan karena penampilan luar biasa mereka di turnamen Piala AFF U19.

Harimau Malaya berhasil mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan Grup C, melampaui Thailand, tim terbesar di ASEAN.

Selain itu, Malaysia mencetak 18 gol dan hanya kebobolan sekali dari tiga pertandingan penyisihan grup.

Banyak orang menganggap Malaysia lebih baik daripada Timnas Indonesia karena keadaan ini.

Apalagi, Malaysia juara bertahan Piala AFF U19 2022, setelah Harimau Malaya mengalahkan Laos di final.

Namun, tim tuan rumah Indonesia, yang tidak diunggulkan karena bermain di rumah, dapat bermain lepas.

Hasil sapu bersih kemenangan di tiga pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U19 membawa pasukan Indra Sjafri ke semifinal.

Setelah mengalahkan Kamboja, Timnas Indonesia U19 sempat dikritik karena tampak kesulitan.

Namun, para pemain muda Timnas Indonesia akhirnya menghilangkan semua keraguan itu dan berhasil mengalahkan Malaysia yang jauh lebih diunggulkan.

Skuad Garuda Muda lolos ke final Piala AFF U19 2024 dengan gol tunggal dari Muhammad Alfharezzi Buffon. Mereka akan berhadapan dengan Thailand di sana.

Malaysia gagal mempertahankan gelar Piala AFF U19 yang pernah mereka peroleh sebelumnya setelah kekalahan dari Timnas Indonesia.

Namun, pendukung Malaysia di media sosial menyatakan bahwa, meskipun Timnas Indonesia gagal mencapai semifinal, negaranya tetap unggul.

Sebuah unggahan yang diposting oleh akun X di @Onefootball.my menyatakan bahwa Timnas Indonesia akhirnya dapat melepaskan diri dari kritik yang buruk yang mereka terima dari Malaysia saat bermain di kandang sendiri.

“Rekor buruk Indonesia melawan Malaysia di tanah sendiri akhirnya berakhir.” tulis akun X @Onefootball.my

Timnas Indonesia vs Malaysia

Selang beberapa waktu, pendukung Malaysia itu melanjutkan rentetan kemenangan Malaysia di Piala AFF U19 sejak 2017, selalu mencapai final.

Tetapi Malaysia akhirnya dikalahkan oleh Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF U19 2024.

“Rekor Malaysia lolos ke final lima kali berturut-turut di turnamen AFF U19 gagal pada edisi 2024,” ungkap fans Malaysia.

“2017: juara kedua, 2018: juara, 2019: juara kedua, 2022: juara, 2024: semifinal. Bangga,” jelasnya.

Thailand menunggu Indonesia di partai final, setelah Thailand berhasil mengalahkan Australia di babak semifinal kemarin.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Malik Abdul Aziz
Editor
Malik Abdul Aziz
Reporter