Infotangerang.id – Warga setempat mengeluhkan dengan adanya timbunan dan pembakaran sampah ilegal yang berada di Kampung Bugel, Kelurahan Kaduagung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten.

Dimana, penimbunan dan pembakaran sampah ilegal itu membuat area sekitar menjadi bau, selain itu, sampah timbunan itu juga dibakar sehingga membuat udara menjadi tidak sehat.

“Awalnya saya kira asap dan bau tak sedap dari kegiatan pabrik/industri ternyata dari pembakaran sampah ilegal. Parahnya lama kelamaan menyengat dan asapnya selalu tebak pada malam hari,” ucap warga sekitar Enci (51). Selasa, 30 Juli 2024.

Enci mengatakan asap yang tebal itu diperkirakan muncul saat pukul 22.30 sampai 05.00 WIB. Dimana, asap tebal itu dari timbunan dan pembakaran sampah ilegal ke lahan dengan luas sekitar 2.000 menter persegi.

“Kami mengeluh, atas pembakaran dan pembuangan secara ilegal itu warga terkena dampak dari iritasi hingga sesak napas,” katanya.

Menurutnya, pembuangan sampah liar itu sudah dari beberapa bulan lalu, namun, untuk pembakaran sampahnya baru sejak satu bulan terakhir.

Atas hal itu, ia meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut dan menyelidiki oknum yang telah melakukan pencemaran lingkungan itu.

“Ini kan dekat dengan Pemda, masa Pemda diam saja, harus di selidiki oknum atau orang yang sudah buang sampah di tempat itu. Kami masyarakat jadi kena imbasnya saja,” pintanya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) Hari Mahardika mengaku telah melakukan berbagai hal. Mulai dari pemasangan spanduk larangan buang sampah dilokasi itu hingga pelaporan ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK-RI).

“Sudah banyak, bahkan kita sudah laporkan ke Gakkum KLHk RI, (pelaku) sedang kita selidiki dan intai agar dapat barang bukti akurat,” jelasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Malik Abdul Aziz
Editor
Dimas Wisnu Saputra
Reporter