Infotangerang.id – Setelah pergantian ketua umum Partai Golkar, Ujang Komarudin, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, memperkirakan bahwa Airin Rachmi Diany tidak akan maju sebagai calon gubernur di Pilgub Banten 2024.

Ujang menyatakan bahwa dukungan kepada sejumlah calon kepala daerah di Pilkada 2024 yang diberikan selama era kepemimpinan Airlangga Hartarto akan berubah sesuai dengan gaya ketua umum Golkar yang baru dan kepentingan Partai Beringin.

Ia memperkirakan bahwa dalam Pilgub Banten, pasangan calon Andra Soni-Dimyati Natakusumah yang diusung oleh Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, dan PAN akan bersaing di kotak kosong.

“Sejak minggu lalu, saya mendapat informasi bahwa Bu Airin tampaknya tidak akan maju. Oleh karena itu, Pak Andra Soni-Dimyati akan melawan kotak kosong pada Pilgub Banten 2024,” kata Ujang, Selasa, 13 Agustus 2024.

“Oleh karena itu, satu-satunya pilihannya adalah PDIP, dan PDIP pun tidak memenuhi syarat,” imbuhnya.

Dia menyatakan bahwa pengunduran diri Airlangga dari posisi pimpinan Partai Golkar disebabkan oleh tekanan, entah diakui atau tidak. Menurutnya, rekomendasi yang diberikan kepada sejumlah calon dalam Pilkada mendatang akan dipengaruhi oleh pergantian ketua umum Partai Kuning itu.

“Babah Alun Jusuf Hamka telah mengundurkan diri dari Partai Golkar, termasuk mengundurkan diri dari pencalonan kepala daerah. Kedua, ada kemungkinan bahwa nama Ridwan Kamil akan dihilangkan. Apakah Kaesang akan dicalonkan sebagai gubernur oleh Golkar atau KIM?,” jelasnya.

Setelah Airlangga Hartarto mengundurkan diri dari jabatan ketua umum Partai Golkar, DPD Partai Golkar Provinsi Banten belum menentukan nasib pencalonan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten 2024.

“Tidak diketahui, mungkin ada prosedur yang sudah ditetapkan di Golkar,” ujar Ketua DPD Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah kepada wartawan di Serang, Senin, 12 Agustus 2024.

Ratu mengatakan dia masih menunggu hasil dari Munaslub Partai Golkar dan kebijakan ketua umum yang baru tentang bagaimana Airin akan menjadi calon gubernur di Pilkada Banten 2024.

“Jika saya ingat benar, hari ini ada rapat pleno DPP untuk menentukan apakah DPP dan Plt ini dikirim ke Munas. Dengan demikian, Munas akan dipercepat. Karena ketua umum tetap dapat menandatangani SK ke KPU,” terangnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Malik Abdul Aziz
Editor
Malik Abdul Aziz
Reporter