Infotangerang.id – Sebanyak 438 ribu anak di 29 Kecamatan, Kabupaten Tangerang telah diberikan vaksin polio. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Ahmad Muchlis.

“Semua anak sudah divaksinasi polio,” ucap Muchlis kepada Infotangerang.id setelah upacara HUT RI ke-79 di Gedung Bupati Tangerang, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Muchlis menyebut bahwa pihaknya telah mevaksinasi polio kepada anak di Kabupaten Tangerang dengan target 438 ribu anak. Di mana, vaksinasi polio itu dilakukan pada Juli dan Agustus.

“Kita vaksinasi itu di bulan Juli dan Agustus, sudah 100 persen,” sebutnya.

Capaian Tertinggi se-Indonesia

Lebih lanjut, Muchlis mengaku bahwa Kabupaten Tangerang adalah capaian paling tinggi vaksinasi polio terhadap anak se-Indonesia.

“Kita capaian paling tinggi se-Indonesia,” tandasnya.

Sekedar Informasi, Polio adalah penyakit menular yang sangat berbahaya. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan, kecacatan seumur hidup, atau kematian.

Polio menular lewat air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio.Penyakit polio tidak dapat diobati, hanya dapat dicegah dengan imunisasi polio.

Di mana, terdapat 12 kasus kelumpuhan dengan 11 kasus yang disebabkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus diakibatkan oleh virus polio tipe 1.

Kasus-kasus tersebar di 8 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten.

Oleh sebab itu, vaksin polio sangat penting diberikan bagi anak. Sebagai upaya mencegah virus polio yang menyebabkan kelumpuhan.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor
Dimas Wisnu Saputra
Reporter