Infotangerang.id– Sejumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 mengeluhkan layanan pembelian e-meterai error yang terjadi sejak Selasa, 3 September 2024.

Pembubuhan e-meterai merupakan syarat wajib untuk sejumlah dokumen pendaftaran CPNS, yang akan ditutup pada Jumat, 6 September 2024.

Berdasarkan pantauan Infotangerang.id pada Rabu, 4 September 2024, banyak warganet di media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, juga mengeluhkan e-meterai error.

Mereka mengeluhkan mulai dari kegagalan dalam pembubuhan e-meterai, stok yang habis, hingga kuota e-meterai yang tidak bertambah meskipun pembayaran telah dilakukan.

Instagram Perum Peruri kemudian jadi imbas sasaran kemarahan netizen yang mengeluhkan sistem materai elektronik atau e-meterai error untuk daftar CPNS 2024.

Lantas apa yang harus dilakukan jika e-meterai eror? Berikut penjelasannya.

Ini yang Harus Dilakukan Saat E-Meterai Error

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pendaftar menurut berbagai sumber.

1. Pastikan koneksi internet stabil dan cepat, karena koneksi yang lambat dapat mengganggu proses pengunggahan.

2. Cobalah melakukan pendaftaran di luar jam sibuk, seperti pada malam hari atau dini hari ketika jumlah pengguna lebih sedikit.

3. Bersihkan cache dan cookies pada perangkat yang digunakan.

4. Jika masalah masih terjadi, coba gunakan perangkat lain.

5. Jika semua upaya di atas belum berhasil, pendaftar dapat menghubungi dukungan teknis Peruri melalui email di cs.digital@peruri.co.id.

Selain menggunakan cara tadi, akun instagram Peruri @peruri.digital, juga memposting cara yang harus dilakukan jika e-meterai error berikut ini:

1. Keluar dari portal dengan melakukan logout.

2. Login kembali dan periksa dokumen yang gagal dibubuhkan meterai melalui menu riwayat pembubuhan.

3. Jika statusnya “berhasil”, artinya meterai telah berhasil dibubuhkan. Namun, jika statusnya “refund”, segera lakukan pelaporan.

4. Untuk pelaporan, lakukan tangkapan layar dari riwayat pembubuhan dan bukti transaksi.

5. Hubungi nomor WhatsApp atau email Service Center yang tercantum di portal e-meterai.co.id.

6. Customer service akan memberikan arahan untuk mengisi data yang diperlukan untuk pengajuan refund atau pengembalian kuota.

7. Setelah mengisi data yang diminta, customer service akan membuatkan tiket pelaporan yang akan diteruskan ke tim terkait.

8. Setelah kuota e-meterai Anda diperbarui, Anda dapat melakukan pengecekan kembali dengan login ke akun e-Meterai Anda.

Meskipun e-meterai error, pihak Peruri memastikan bahwa kuota meterai digital tersebut tidak akan hilang sat Anda mengalami kendala atau gagal pembubuhan e-meterai ataupun kuota tidak bertambah pada saat pembelian.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Iis Suryani
Reporter