Infotanegrang.id – Awal mula penyebab terjadinya insiden kerusuhan Bobotoh, Official Persib diduga melakukan intimidasi atau kekerasan terhadap Bobotoh saat pertandingan melawan Port FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 19 September 2024.

Bobotoh sempat mendatangi kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, pada hari Sabtu, 21 September 2024, karena dugaan intimidasi.

Sekarang Tim Pencari Fakta Persib telah mengungkapkan hasil penyelidikan terkait kerusuhan Bobotoh.

Hasil sementara investigasi kasus intimidasi terhadap bobotoh Persib Bandung usai pertandingan melawan Port FC pada Kamis (19/9/2024) lalu telah dirilis oleh Tim Pencari Fakta Persib Bandung.

Hasil sementara menunjukkan bahwa tim pencari fakta mengumpulkan delapan fakta tentang dugaan intimidasi, dari latar belakang insiden terjadinya kerusuhan Bobotoh hingga pernyataan sikap.

“Itu benar, fakta sementara berdasarkan siaran pers perusahaan,” ujar Head of Communication PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Adhi Pratama pada Minggu, 22 September 2024.

Hasil penyelidikan internal sementara yang dilakukan oleh tim pencari fakta menunjukkan bahwa bobotoh yang diduga diintimidasi telah benar-benar diamankan oleh supervisor karena telah berlebihan.

Beberapa pemain Persib yang hendak masuk ke area tunnel setelah pertandingan melawan Port FC menghadapi provokasi berlebihan tersebut, yang terdiri dari teriakan keras, kebencian, dan bahkan hinaan yang merupakan awal penyebab Bobotoh.

Selain itu, penyebab kerusuhan Bobotoh lantaran individu yang merokok tersebut sempat menyebabkan kondisi di balkon tribun VIP Stadion Si Jalak Harupat tidak nyaman bagi suporter lainnya.

“Salah satu anggota suporter yang melakukan pelanggaran tersebut diamankan oleh pihak keamanan dan dibawa ke area tunnel untuk mencegah gesekan antar suporter yang semakin meningkat di tribun. Sebelum ini, pengelola juga telah mencatat tiket dan KTP oknum suporter sebagai pegangan data,” tulis keterangan resmi Persib.

Dengan demikian, Persib menyatakan bahwa mereka tidak akan mentolerir tindakan provokatif yang dilakukan oleh salah satu anggota suporter tersebut.

Karena itu, hal itu dapat menyebabkan kekacauan di tribun. Persib belum bisa membuat keputusan terkait dugaan pelecehan verbal terhadap bobotoh wanita. Karena mereka akan terus melakukan penyelidikan.

“Tim fact-finding Persib masih mengumpulkan data, bukti, dan klarifikasi dengan saksi dan pihak yang diduga terlibat terkait dengan dugaan intimidasi atau kekerasan yang terjadi pasca pertandingan serta dugaan pelecehan verbal terhadap bobotoh perempuan,” tulis keterangan tersebut.

Sebaliknya, sebagai tanggapan atas temuan tersebut, tim pencari fakta menyatakan bahwa mereka akan terus melakukan penyelidikan dan akan segera mengumumkan hasilnya paling lambat 27 September 2024.

“Proses investigasi membutuhkan waktu karena melibatkan banyak pihak dan hasilnya harus objektif dan sesuai dengan fakta.”

“Selambat-lambatnya pada tanggal 27 September 2024 mendatang, kami akan memberikan informasi tentang perkembangan investigasi,” lanjut keterangan tersebut.

8 Fakta Tragedi Kerusuhan Bobotoh

Ada 8 poin yang sudah didapatkan tim pencari fakta insiden terjadinya kerusuhan Bobotoh.

1. Awal terjadi insiden setelah oknum suporter di tribun VIP melakukan teriakan kasar, kebencian, dan hinaan terhadap beberapa pemain Persib saat mereka hendak masuk ke area tunnel setelah pertandingan melawan Port FC selesai.

2. Sempat terjadi situasi tidak kondusif di area balkon tribun VIP karena provokasi oknum suporter tersebut terhadap pemain Persib.

3. Salah satu anggota suporter yang melakukan pelanggaran tersebut diamankan oleh pihak keamanan dan dibawa ke area tunnel untuk mencegah gesekan antar suporter yang semakin meningkat di tribun. Sebagai pegangan data, steward sebelumnya juga mencatat tiket dan KTP oknum suporter tersebut.

4. Karena tindakan provokatif yang dilakukan oleh individu-individu di antara suporter tersebut dapat menyebabkan kericuhan di area tribun dan mengancam keamanan orang lain yang hadir di stadion, terutama keluarga, perempuan, dan anak-anak, Persib tidak dapat menerimanya.

5. Tim fact-finding Persib masih melakukan pendalaman terkait dengan dugaan intimidasi atau kekerasan yang terjadi pasca pertandingan serta dugaan pelecehan verbal terhadap Bobotoh perempuan. Pendalaman ini mencakup pengumpulan data, bukti, dan klarifikasi dengan para saksi dan pihak yang diduga terlibat.

6. Karena investigasi melibatkan banyak pihak, akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan hasil yang objektif dan sesuai dengan fakta yang terjadi. Selambat-lambatnya pada tanggal 27 September 2024 mendatang, kami akan memberi tahu Anda tentang perkembangan proses investigasi.

7. Persib berkomitmen untuk mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang terbukti melakukan pelanggaran dalam insiden terjadinya kerusuhan Bobotoh.

8. Sepakbola memiliki nilai universal dan Persib berkomitmen untuk mematuhi peraturan dan memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan Bobotoh, pemain, perwakilan, dan seluruh perangkat pertandingan.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Malik Abdul Aziz
Editor
Malik Abdul Aziz
Reporter