Infotangerang.id- Tol Serpong-Balaraja atau Tol Serbaraja Seksi 1B dioperasikan hari ini, Senin 30 September 2024 secara gratis.

Tol Serbaraja Seksi 1B merupakan kelanjutan dari Seksi 1A yang telah dioperasikan sejak bulan Oktober 2022. Tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang lebih kurang 40 km yang terbagi dalam tiga seksi yakni Seksi 1 Serpong-Legok (±9,8 km), Seksi 2 Legok-Pasir Barat (±11,5 km) dan Seksi 3 Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km).

Tol Serpong-Balaraja Masih Dioperasikan Gratis

Berdasarkan Surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Nomor BM 0702-TI/661, tanggal 27 September 2024, tentang Pengoperasian Fungsional Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B (Simpang Susun CBD – Simpang Susun Legok), memutuskan bahwa Tol Serbaraja Seksi 1B dapat dioperasikan secara fungsional tanpa tarif sampai dengan terbitnya penetapan pengoperasiaan yang akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja sekaligus Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Siswanto Adisaputro mengatakan Tol Serbaraja Seksi 1B memiliki panjang 5,5 km yang diharapkan dapat memperkuat konektivitas antara pusat ekonomi dan kawasan perumahan di wilayah Kabupaten Tangerang.

Screenshot 2024 09 30 132314

Tol Serpong-Balaraja Mempersingkat Waktu Tempuh Dari dan Menuju Jakarta

“Dalam rangka tahap awal ini, operasional tol akan dibuka secara fungsional tanpa dikenakan tarif untuk sementara waktu guna memberikan kenyamanan dan uji coba kesiapan infrastruktur. PT Trans Bumi Serbaraja terus berkomitmen untuk memenuhi seluruh Standar Pelayanan Minimum (SPM) bagi pengguna jalan Tol Serbaraja seksi 1A dan seksi 1B dalam pengoperasiannya,” katanya.

Diketahui, Ruas Tol Serbaraja seksi 1B telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO), serta telah diterbitkan Sertifikasi Laik Operasi (SLO) oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dengan Nomor. BM 0603-Db/1005, pada tanggal 20 September 2024 lalu.

Kehadiran Tol Serbaraja ini menjadi salah satu fasilitas infrastruktur terbaru yang ada di BSD City untuk mempermudah mobilitas para penghuni dan masyarakat.

Selain Tol Serpong-Balaraja, BSD City juga dapat ditempuh melalui beberapa akses di antaranya Tol Jakarta-Serpong, Tol Serpong-Cinere dan Tol Jakarta-Merak/Kebon Jeruk yang terintegrasi dengan Tol JORR 2/Tol Pondok Indah, Tol Bandara Soekarno-Hatta, Tol Jagorawi dan ruas tol lainnya di Pulau Jawa.

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor