INFOTANGERANG.IDZita Anjani resmi dilantik menjadi utusan khusus Presiden bidang pariwisata oleh Presiden Prabowo Subianto pada Selasa, 22 Oktober di Istana Negara, Jakarta.

Ia merupakan seorang politikus perempuan Indonesia dan seorang putri dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan.

Zita Anjani resmi dilantik setelah ayahnya yang juga baru dilantik oleh Prabowo menjadi Menteri Koordinator Bidang Pangan dalam Kabinet Merah Putih.

Namanya sebenarnya sempat disebut sebagai salah satu kandidat wakil menteri (wamen).

Namun saat itu Zita Anjani tidak terlihat hadir ke Kertanegara saat Prabowo memanggilnya bersamaan dengan para calon wamen pada 15 Oktober 2024.

Tetapi diketahui bahwa ia hadir saat pembekalan para calon wamen di Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada 17 Oktober 2024.

Meskipun nama Zita Anjani tidak disebukan oleh Prabowo ketika melantik pada wakil menteri di istana Negara, Jakarta pada 21 Oktober 2024.

Lantas sperti apa latar belakang dan kehidupan Zita Anjani? Berikut penjelasannya.

Profil Zita Anjani

Zita Anjani merupakan perempuan kelahiran Jakarta pada 12 Maret 1990, dan telah terjun ke dunia politik dengan menjadi kader PAN.

Melalui pernikahannya dengan Radityo Egi Pratama, Zita Anjani kemudian dikaruniai 3 orang anak, yakni Kaleela Aisyah Pratama, Kaisara Alisyah Pratama.

Zita menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Pelita Harapan pada tahun 2011.

Selanjutnya, dia meraih gelar Master of Science di University College London pada tahun 2014.

Sebelum memutuskan untuk berkecimpung di bidang pendidikan, Zita juga pernah bekerja di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perempuan Amanat Nasional (PUAN) pada tahun 2017-2018 dan juga berperan sebagai pembina di Bunda Pintar Indonesia.

Di DPW PAN DKI Jakarta, Zita menjabat sebagai Wakil Ketua dari tahun 2015 hingga 2020.

Perjalanan Karier Zita Anjani

Zita Anjani dikenal sebagai politisi yang berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan aktif dalam berbagai inisiatif sosial.

Ia telah mencapai banyak hal dalam organisasi dan tujuan politiknya.

Sebagai anggota DPP PAN, dia terlibat dalam perencanaan strategis partai dan pengambilan keputusan penting dalam struktur kepemimpinan.

Berada di bawah naungan PAN, ia sukses menjadi anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2019-2024.

Pada pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, ia maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) 5 Jakarta Timur dan berhasil meraup 14.701 suara.

Zita Anjani bahkan dipercaya untuk duduk menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.

Dalam perannya tersebut, Zita berhasil memimpin beberapa komisi serta terlibat dalam pembuatan kebijakan dan pengawasan anggaran daerah.

Sebagai Wakil Ketua DPRD, pengaruhnya pun sangat signifikan.

Selama menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita juga memiliki beberapa program yang berhasil dicapainya, diantaranya:

1. Pengawasan Anggaran dan Kebijakan

Sebagai Wakil Ketua, Zita sangat terlibat dalam proses pengawasan anggaran daerah dan pembuatan kebijakan publik.

Ini mencakup pengawasan penggunaan anggaran serta memastikan bahwa kebijakan yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

2. Peran Kepemimpinan

Sebagai salah satu pemimpin DPRD, Zita memiliki peran penting dalam memimpin rapat dan diskusi dewan.

Dia juga telah berkontribusi dalam merumuskan agenda dan prioritas DPRD, yang memengaruhi arah kebijakan legislatif.

Pada Pileg 2024 ia juga kembali lolos menjadi anggota DPRD Jakarta periode 2024-2029 dan berhasil memperoleh 18.554 suara dari dapil Jakarta 5.

Melansir dari laman resmi DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani jtercatat pernah berada dalam jajaran Dewan Pengurus Pusat Perempuan Amanat Nasional dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Iis Suryani
Editor
Iis Suryani
Reporter