Infotangerang.id- PT KAI bersama PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk atau BNI resmi mengganti nama Stasiun Dukuh Atas menjadi Stasiun Dukuh Atas BNI pada Rabu, 20 November 2024.

Program Penamaan atau Naming Rights ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memperluas visibilitas merek sekaligus mendukung peningkatan kualitas layanan transportasi publik di Jabodetabek.

Bergantinya nama Stasiun Dukuh Atas Sebagai Media Pengenalan Brand yang Efektif

“KAI sebagai operator transportasi massal memiliki jangkauan yang sangat luas dan melayani jutaan penumpang setiap tahunnya. Kesempatan ini memberikan nilai tambah bagi mitra kami untuk memperkenalkan merek mereka dengan cara relevan dan langsung menjangkau masyarakat,” ujar Utama KAI Didiek Hartantyo.

Stasiun Dukuh Atas Resmi Berganti Nama Menjadi Stasiun Dukuh Atas BNI, Rabu, 20 November 2024
Stasiun Dukuh Atas Resmi Berganti Nama Menjadi Stasiun Dukuh Atas BNI, Rabu, 20 November 2024

Contohnya, penempatan nama brand di media KAI, termasuk aplikasi Access by KAI, situs web resmi KAI, papan penunjuk arah (signage), peta jalur, pengumuman, hingga media publikasi lainnya.

Didiek menambahkan, program ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk mengoptimalkan pendapatan melalui komersialisasi aset yang dimiliki perusahaan.

“Program seperti ini sudah kami lakukan di sejumlah lokasi lain, seperti Stasiun Pancoran bank bjb dan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Kami berkomitmen untuk terus memanfaatkan aset-aset strategis KAI secara maksimal demi mendukung pelayanan dan keberlanjutan perusahaan,” tutup Didiek.

Deskripsi dan Fitur Stasiun

Stasiun bawah tanah kelima yang terletak di kawasan bisnis Sudirman ini dikemas dengan nuansa alam hutan, terutama pohon-pohon besar.

Warna-warna coklat dan gradasinya akan mendominasi stasiun yang menjadi kawasan terintegrasi dengan lima moda transportasi publik lainnya di Jabodetabek, yaitu MRT, LRT, Transjakarta, Commuterline, dan kereta bandara Soekarno Hatta.

Dibandingkan dengan stasiun bawah tanah lainnya, Stasiun Dukuh Atas adalah stasiun yang letaknya paling dalam yaitu area komersil/concourse mencapai 10 meter di bawah permukaan tanah dan area peron penumpang mencapai 24 meter di bawah permukaan tanah.

Screenshot 2024 11 21 103527

Eksterior:

  • Kanopi didesain menyerupai pola melengkung dari cabang-cabang pohon besar, serta struktur kolom dinding kaca yang tegak lurus memberi kesan pohon besar yang kokoh.
  • Taman dan area pejalan kaki akan dibangun, sebagai bagian dari fungsi kawasan terintegrasi.
  • Skylight akan dibangun untuk memberikan pencahayaan alami ke sebagian area bawah tanah.
  • Dilengkapi dengan eskalator dan tangga serta berpenutup untuk menghindari terik matahari dan hujan.
  • Celah antara dinding kaca dan langit-langit berfungsi sebagai ventilasi udara dan perlindungan terhadap cuaca.
  • Desain Cooling Tower dan Ventilation Tower yang menggunakan dinding alumunium yang dilapisi dengan batu alami, menyesuaikan dengan konteks lingkungan sekitarnya.
  • Lokasi berada di area pejalan kaki jalan raya, dengan tinggi yang memperhitungkan keamanan dari genangan air pada musim hujan.
  • Dilengkapi dengan rolling door sebagai fungsi penutup pintu stasiun
  • Dilengkapi dengan flood gate sebagai fungsi perlindungan dari banjir.

Interior:

  • Dominasi warna coklat pada keramik memberikan kesan kuat tentang konsep ruang, ritme pergerakan, dan tujuan.
  • Lampu temaram dengan desain melingkar akan diletakkan di atas tangga berjalan
  • Lantai concourse akan didominasi oleh warna coklat dan gradasinya.
  • Keramik lantai peron penumpang akan menunjukkan rute antara tangga berjalan dan area platform screen door (PSD). Langit-langit akan menggunakan alumunium yang disusun dengan baffle system, menyesuaikan dengan sistem pencahayaan dan EM (electrical and mechanical).
  • Pendingin ruangan dan beberapa area duduk akan tersedia demi kenyamanan pengguna.
    Sebuah lantai concourse disediakan khusus untuk area fasilitas umum dan retail.
  • Fasum meliputi toilet untuk pria/wanita/difabel, ruang menyusui, lift bagi difabel. Area retail akan mewadahi atm center, toko serba ada, dan lain-lain.
  • Area menunggu kereta bagi penumpang dibuat nyaman dan aman, dibatasi pagar akrilik berpintu otomatis (platform screen door/PSD). Lampu-lampu penanda terletak tepat di muka PSD sehingga mudah dilihat.
  • Setiap stasiun akan memiliki tangga khusus sebagai jalur evakuasi.

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor