Antisipasi Banjir di Desa Tanjung Burung, BPBD Kabupaten Tangerang Lakukan ini

Antisipasi banjir di desa tanjung burung, BPDB Kabupaten Tangerang di Teluknaga

Infotangerang.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Tangerang menyiapkan sejumlah antisipasi terhadap banjir di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadaman dan Penyelamatan pada BPBD Kabupaten Tangerang, Agun Guntara mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan beberapa antisipasi diantaranya meningkatkan kewaspadaan.

“Yang paling utama kita tingkatkan kewaspadaan terhadap banjir di desa tanjung burung,” ucap Agun kepada Infotangerang.id, Jumat, 31 Mei 2024.

Agun menjelaskan, kewaspadaan yang dilakukan itu seperti melakukan koordinasi dengan pihak pintu air 10 Cisadane mengenai pengaturan arus sungai, melakukan koordinasi dengan pemantau arus laut.

Lanjut dalam antisipasi banjir di desa tanjung burung, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pangkalan Angkatan Laut(danlantan AL) mengenai peringatan dini dan melakukan pelatihan kewaspadaan terhadap masyarakat seperti program destana (desa tangguh bencana) dan pelatihan dapur darurat.

“Yang destana kita usaha lakukan bekerjasama dengan wahana visi pekan kemarin sebelum banjir. Dan saat ini sedang penjajakan koordinasi dengan pengatur pintu air baru belah (Bogor) bersama Tangsel,” jelasnya.

Selain itu, kata Agun, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Binamarga dan Sumberdaya Air (DBMSDA), DTRB, dan Bappeda serta pemerintah desa(pemdes) Tanjung Burung untuk antisipasi banjir.

“Alhamdulillah sudah teranggarkan di 2024 mengenai antisipasi banjir Tanjung Burung. Dan yang sekarang sedang dilakukan yaitu penyodetan dan pembangunan U-ditch,”” tandasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com