INFOTANGERANG.ID- Di era digitalisasi, ada cara mengadukan Keluhan Bansos Kemensos dengan mudah, yakni hanya dengan satu genggaman.
Jika Anda mengalami kendala seperti keterlambatan pencairan, data yang tidak valid, atau bahkan tidak menerima bansos sama sekali, jangan ragu untuk melaporkan.
Cek keluhan bansos kemensos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan jenis bantuan lainnya bisa dilakukan dengan HP atau aplikasi.
Cara Cek Keluhan Bansos Kemensos Lewat HP:
Laporan bansos ini bisa dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos dengan fitur Sanggah.
Berikut caranya:
- Buka halaman utama aplikasi Cek Bansos.
- Pilih menu Tanggapan Kelayakan.
- Lalu akan muncul daftar penerima bansos di daerah kamu.
- Klik ikon jempol ke bawah untuk memberi tanggapan negatif.
- Masukkan penjelasan mengapa pihak tersebut tidak layak menerima bansos.
- Kirim komplain dan tunggu konfirmasi dari pihak Kemensos.
Nah, demikianlah tadi cara cek keluhan secara online lewat HP atau aplikasi.
Cara Menghubungi Dinas Sosial
Setiap daerah memiliki nomor telepon, atau website pengaduan keluhan Bansos Kemensos dan alamat Dinas Sosial yang berbeda-beda.
- Jakarta: website dinsos.jakarta.go.id, telepon 021-426-5115
- DIY: website dinsos.jogjaprov.go.id, telepon 0274- 514932, Instagram @dinassosialdiy
- Jatim: website dinsos.jatimprov.go.id, telepon 031-8290794, email dinsosjatim56b@gmail.com
- Jateng: website dinsos.jatengprov.go.id/ telepon 024-8311729, Instagram @dinsosjtg
Lapor Online ke Kementerian Sosial
Selain menghubungi Dinas Sosial, Anda juga bisa melaporkan masalah bansos secara online melalui Command Center Kementerian Sosial.
Untuk menghubungi Command Center Kementerian Sosial, Anda bisa melalui telepon di nomor 171 atau melalui email di persuratan@kemsos.go.id.
Setelah melaporkan masalah bansos, pihak terkait akan menindaklanjuti laporan dengan waktu yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung pada kompleksitas masalah yang dilaporkan.
