Daftar Kota dan Kabupaten Baru di Tangerang, Pembentukan Provinsi Tangerang Raya?

Daftar Kota dan Kabupaten Baru di Tangerang, ini Wilayah-Wilayah Kecamatannya

Infotangerang.idPemekaran Kabupaten Tangerang menghasilkan Kota dan Kabupaten Baru di Tangerang sebagai upaya dalam membentuk Provinsi Tangerang Raya.

Pembentukan Provinsi Tangerang Raya yang membutuhkan 5 Kota dan Kabupaten dalam wilayah suatu Provinsi menjadi syarat paling penting.

Syarat tersebut tentu telah didukung dengan pemekaran Kota dan Kabupaten baru di Tangerang, dalam hal ini Kota Tangerang Tengah dan Kabupaten Tangerang Utara.

Dalam pemekaran Kota dan Kabupaten baru di Tangerang, tentu telah didukung oleh pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai induk pemekaran.

Asisten Daerah (Asda) satu Kabupaten Tangerang, Yani Sutisna telah menyampaikan bahwa Bupati mendukung sepenuhnya pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kota Tangerang Tengah.

“Dalam upaya pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB), Bupati telah mendukung dalam pembentukan Kota Tangerang Tengah,” ujar Yani Sutisna dari tahun 2022 lalu.

Sementara itu, pemekaran juga terjadi untuk Kabupaten Tangerang Utara dengan induk masih sama yaitu Kabupaten Tangerang.

Pemekaran Kabupaten Tangerang Utara juga sudah digagas dari tahun 2022. Hal tersebut menuai respon positif dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

Bupati Tangerang, Zaki Iskandar saat masih menjabat merespon positif terkait percepatan DOB terutama untuk Kabupaten Tangerang Utara.

Ahmed Zaki Iskandar menyatakan, bahwa Pemkab Tangerang senantiasa terbuka untuk dialog dan berdiskusi mengenai pembentukan daerah otonom baru (DOB).

Percepatan DOB juga mendapat respon dari para tokoh setempat. Para tokoh mendesak untuk mempercepat kajian soal DOB baru untuk Kabupaten Tangerang Utara.

Berikut Daftar Kecamatan di Kota dan Kabupaten Baru di Tangerang.

Daftar Kecamatan Kota dan Kabupaten Baru di Tangerang

 

6 Kecamatan di Kota Tangerang Tengah

  1. Kecamatan Cisauk
  2. Kecamatan Pagedangan
  3. Kecamatan Legok
  4. Kecamatan Kelapa Dua
  5. Kecamatan Curug
  6. Kecamatan Panongan

 

13 Kecamatan di Kabupaten Tangerang Utara

  1. Kecamatan Kosambi
  2. Kecamatan Teluknaga
  3. Kecamatan Pakuhaji
  4. Kecamatan Sepatan
  5. Kecamatan Sepatan Timur
  6. Kecamatan Mauk
  7. Kecamatan Kemiri
  8. Kecamatan Kronjo
  9. Kecamatan Mekar Baru
  10. Kecamatan Gunung Kaler
  11. Kecamatan Kresek
  12. Kecamatan Sukamulya
  13. Kecamatan Sukadiri

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com