Festival Perahu Naga Peh Cun 2024 Tangerang, Masyarakat Antusias Dirikan Telur Hingga Lepas Bebek

Masyarakat Antusias Dirikan Telur dalam Festival Peh Cun 2024

Infotangerang.id- Perayaan Festival Perahu Naga Peh Cun 2575/2024 Kota Tangerang berjalan meriah. Mayarakat terlihat antusias meramaikan gelaran rutin yang berlangsung di Bantaran Sungai Cisadane.

Rangkaian acara seperti sembahyang YUE, ritual mendirikan telur hingga lomba tangkap bebek telah dilaksanakan pada Senin, 10 Juni 2024.

Ketua Pelaksana Festival Perahu Naga Peh Cun Herlinawati mengatakan, rangkaian hari ini selain itu dibarengi dengan tabur bunga, dan lempar bakcang.

“Bersyukur pada Festival Perahu Naga Peh Cun ini mendapatkan respons positif dari masyarakat Kota Tangerang. Terlihat dari tahun ke tahun animo masyarakat terus bertambah. Apalagi, perayaan ini sudah menjadi warisan budaya takbenda,” ujarnya.

Hari Twan, Dimana Posisi Matahari dan Gravitasi Bisa Mendirikan Telur

Sementara itu, menurut kepercayaan Tionghoa, pada hari ini merupakan hari Twan. Dimana posisi matahari dan gravitasi bisa mendirikan telur, untuk itu pada Festival Perahu Naga Peh Cun selalu diadakan mendirikan telur.

Menurutnya, mendirikan telur pada pukul 11.00 hingga 13.00 WIB pada tanggal 5 bulan kelima kalender Cina yang dimaknai dengan berkah dari langit.

Screenshot 2024 06 11 150058

“Jadi sebanyak satu peti telur diberikan kepada masyarakat yang datang, lalu siapapun yang dapat mendirikan telur maka akan mendapatkan berkah,” lanjutnya.

Selain itu, ada juga untuk lomba tangkap dan lepas bebek.

Screenshot 2024 06 11 151707

Sebagai bentuk kepercayaan Tionghoa memaknai bahwa dalam kehidupan memiliki sesuatu yang bersifat negatif di diri kita dan hal tersebut harus dibuang.

“Peserta yang mendapatkan bebek terbanyak, akan mendapatkan doorprize yang telah disiapkan,” terangnya.

Herlinawati berharap kepada generasi-generasi muda untuk tetap bisa menjalankan Festival Perahu Naga Peh Cun sebagai perayaan dan ritual, juga sebagai warisan budaya tak benda yang harus terus dilestarikan.

Sebagai informasi, Festival Perahu Naga Peh Cun 2575/2024 masih akan terus berlanjut.

Berikut jadwal dan rangkaian acara:

1. Lomba Perahu Naga & Perahu Papak pada 15 Juni 2024
2. Final Lomba Perahu Naga & Perahu Papak pada 16 Juni 2024
3. Penyerahan Hadiah Lomba pada 16 Juni 2024

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.