Gawat! Kasus Stunting di Kota Tangerang Naik jadi 17,6 Persen

Stanting Kota Tangerang

Infotangerang.id – Kasus stunting semakin membuat cemas para orang tua. Sebab, angka prevalensinya terus mengalami kenaikan.

Stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang membuat seorang anak memiliki tinggi badan lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya.

Di Kota Tangerang, kasus stunting sedang mengalami peningkatan, yakni dari 11,8 persen menjadi 17,6 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menyebut, kenaikan angka stunting ini hampir terjadi di seluruh wilayah di Indonesia.

“Di Provinsi Banten saja, ada lima kota kabupaten yang mengalami peningkatan, termasuk Kota Tangerang,” ujarnya dikutip pada Jumat, 10 Mei 2024.

Adapun peta sebaran kasus stunting di Kota Tangerang tersebut belum dapat diketahui. Saat dikonfirmasi terkait peta stunting, Dini tidak memberikan respons.

Dari website resmi Dinas Kesehatan Kota Tangerang, laman peta stunting terutama terkait sebaran dan zonasinya pun tidak ada data terbaru. Terakhir laman ini di-update pada 30 November 2023.

DPRD Desak Dinkes Kerja Maksimal

Anggota DPRD Kota Tangerang Tasril Jamal menuturkan, kenaikan stunting di Kota Tangerang yang menyentuh angka 17,6 persen dinilai cukup tinggi.

Dia mendesak Pemerintah Kota Tangerang dalam hal ini Dinas Kesehatan agar bekerja lebih maksimal.

“Artinya dengan kenaikan itu, dinas-dinas terkait tidak bekerja dengan maksimal dalam penanganan dan pencegahan stunting,” jelasnya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Tangerang itu menyebut penyebab meningkatnya kasus stunting di Kota Tangerang lantaran kemungkinan program-program yang dijalankan tidak sesuai apa yang dicanangkan.

“Karena kan kita berkaca sama program pemerintah, dengan programnya ini untuk mengurangi angka stunting,” ucapnya.

DPRD Wacanakan Rapat Dengar Pendapat

Kata Tasril, perlu ada rapat dengar pendapat (hearing) terkait penanganan kasus stunting yang mengalami lonjakan ini.

“Jadi saya meminta agar dinas terkait dipanggil untuk dilakukan hearing perihal kendala-kendala apa saja sehingga tidak sesuai dengan harapan rencana kerja yang dicanangkan,” tegasnya.

(Reporter : Achmad Irfan Fauzi)

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.