Jelang POPDA XI Banten 2024, FPTI Kota Tangerang Bertekad Lanjutkan Juara

Jelang POPDA XI Banten 2024, FPTI Kota Tangerang Bertekad Lanjutkan Juara

Infotangerang.id – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Tangerang bertekad melanjutkan tradisi juara dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten 2024 di Kota Tangerang, pada 8 Juni mendatang.

Ketua Harian FPTI Kota Tangerang, Arsani Maidi mengatakan, kesiapan mental para atlet saat ini cukup baik, dengan motivasinya untuk melanjutkan tradisi juara.

“Secara mental kondisi anak anak sangat baik,” ujarnya, Senin, 20 Mei 2024.

Diakuinya, kesiapan secara fisik masih belum maksimal lantaran asupan nutrisi untuk para atlet belum mencapai kebutuhan yang seharusnya.

“Namanya atlet kan butuh nutrisi yang lebih daripada kita. Dan saat ini kita masih seadanya, karena gak ada sumber bantuan atau keuangan untuk nutrisi itu,” jelasnya.

Bukan berarti anak-anak belum mencapai target fisik. Tapi alangkah baiknya mereka mendapatkan nutrisi yang lebih.

Terlebih, kata Arsani, para atlet diberikan porsi latihan yang lebih pada April lalu. Tak hanya itu, para pelatih juga ditugaskan untuk mengontrol jam tidur atlet, pola makan, dan jadwal latihan.

“Sebelumnya kan latihan hanya satu sesi pagi atau sore saja. Mulai April kita tambah jadi dua sesi pagi dan sore. Tentu mereka butuh nutrisi yang cukup,” jelasnya.

Selama dua bulan terakhir, para atlet berlatih di training center di venue green lake.

“Kami pusatkan makan dan tidur di sana,” imbuh dia.

Dia berharap atlet panjat tebing Kota Tangerang mampu meneruskan tren positif para seniornya, yakni membawa Kota Tangerang menjadi juara di event POPDA XI Banten 2024.

“Panjat tebing kan selama ini sudah tradisi juara yah, untuk di Banten. Jadi saya harap mereka para jawara muda bisa melanjutkan tradisi juara,” jelasnya.

Ia juga menilai bahwa dukungan orang tua dan orang-orang terdekat juga memiliki peran penting untuk kesiapan mental dan psikologis para atlet, serta menumbuhkan semangat dalam diri.

“Kami harap para orang tua juga terus mendukung dan menyemangati anak-anak,” tandasnya.

Peran Penting Lingkungan

Dukungan dan peran penting orang tua sangat dibutuhkan bagi para atlet yang akan berlaga di POPDA XI mendatang. Apalagi, rata-rata atlet yang akan berlaga di ajang tersebut diketahui masih berstatus pelajar.

Abdul Malik, orang tua Putri Aurelia Rahmadani, salah seorang atlet POPDA XI Banten dari cabang olahraga Panjat Tebing Kota Tangerang ini sangat mensupport dan memberi dukungan supaya putrinya itu mampu tampil maksimal untuk Kota Tangerang.

Dia mengaku tak merasa keberatan dengan program latihan yang diterapkan FPTI untuk para atlet POPDA, kendati porsi latihannya mulai bertambah sejak April lalu.

“Kalau hari ini anak saya lagi libur latihannya. Besok sampai Sabtu di karantina, tidur di venue,” katanya.

“Alhamdulillah kami sebagai orang tua sangat setuju dan mendukung program latihan ini. Karena membuat skill anak terus mengalami kemajuan dan disiplin dalam menjalani latihan,” imbuhnya.

Dengan begitu, dirinya berharap atlet-atlet pelajar ini mampu mendulang kesuksesan di ajang POPDA dan meraih juara seperti para seniornya.

“Semoga anak-anak mampu menjadikan Kota Tangerang yang terbaik dalam acara POPDA nanti, melanjutkan tradisi juara para senior,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife