Kasus DBD di Kota Tangerang, Dinkes Lakukan Upaya Preventif dalam Menekan Angka Kasus Terjadi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni berupaya dalam menekan angka kasus DBD di Kota Tangerang

Infotangerang.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukan langkah preventif dalam menekan kasus DBD di Kota Tangerang yang saat ini sudah menjangkiti 601 pasien.

Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait pencegahan penyakit DBD di Kota Tangerang.

“Tips utamanya menerapkan 4M Plus yang tetap pemberantasan sarang nyamuk menjadi salah satu upaya yang sangat utama dan penting,” ujarnya, Rabu, 15 Mei 2024.

4M Plus merupakan upaya pencegahan penyakit DBD dengan cara Menguras, Menutup, Memanfaatkan, dan Memantau terkait penampungan-penampungan air.

Adapun langkah preventif yang dilakukan Dinkes Kota Tangerang, kata Dini, pihaknya melalui petugas layanan kesehatan seperti di Puskesmas untuk merespons dengan cepat jika menemukan kasus DBD di Kota Tangerang.

“Pasyankes untuk merespons cepat apabla ada laporan kasus DBD di Kota Tangerang, ditingkatkan survailans-nya apabila ada 1 kasus terlaporkan yang termasuk kriteria pencegahan untuk terjun utk tindakan preventif supaya tidak terjadi penyebaran virus,” jelasnya.

Dini menuturkan, warga yang terjangkit DBD penanganan utamanya adalah istirahat yang cukup untuk melawan virus DBD.

“Ini kan virus ya kalau virus sebenarnya tidak ada obatnya, jadi yang utama dia harus bedrest. Jadi DBD ini trombositnya kurang, cairan tubuh kurang, ini yang harus diwaspadai,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com