Kronologi Persembunyian Pegi Setiawan dan Persekongkolan Denga Ayanya di Kasus Pembunuhan Vina

Penangkapan Pegi setiawan

Infotangerang.idPegi Setiawan alian Perong kini sudah didalam jeruji penjara. DPO dalam kasus pembunuhan Vina di Cirebon pada 2016 lalu menjadi buron selama 8 tahun.

Tertangkapnya Pegi sebagai salah satu pembunuh vina pada saat itu, dibatah oleh dirinya. Namun dalam proses penyelidikan akhirnya terlihat keterlibatan Pegi Setiawan dengan sejumlah alat bukti yang telah didapatkan oleh pihak kepolisian.

Barang bukti tersebut beruba identitas baru yang Pegi ganti setelah kasus pembunuhan terjadi kepada Vina bersama pacaranya Rizky.

Tersangka sempat kabur degan mengontrak tempat tinggal di daerah Ketapang, Kabupaten Bandung.

“Upaya tersebut bermula pada tahun 2016 sampai dengan 2019 dengan menyewa tempat tinggal di Kabupaten Bandung dengan mengaku bernama Robi Irawan,” ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Jules Abraham Abst, Minggu (26/5/2024).

Persembunyian Pegi melibatkan ayahnya A Suprudi yang ikut membantu dalam merahasiakan identitas Pegi kepada warga sekitar.

Keterlibatan ayahnya diketahui ketika Pegi dikenalkan sebagai keponakannya, Lalu Pegi dikenal sebagai nama baru yaitu Robi Setiawan selama berada di kontrakan tersebut.

“Dikenalkan oleh A. Saprudin kepada pemilik kontrakan sebagai keponakan yang bernama Robi. A Saprudin merupakan ayah kandung dari PS. Sedangkan PS memiliki 2 akun FB yang bernama Pegi Setiawan dan Robi Irawan,” jelas Jules.

Direskrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan menyampaikan bahwa kondisi itu menjadikan delapan terpidana kasus Vina Cirebon saat itu belum ada yang berani menerangkan jika Pegi adalah DPO yang diburu polisi.

Sementara, penyedilikan lebih dalam oleh pihak polisi dan menemukan bukti kuat bahwa Pegi Setiawan alias Perong merupakan DPO kasus pembunuhan Vina.

“Terkait tersangka lain tidak ada yang menyebutkan Pegi itu siapa. Ketikan kita meminta keterangan ternyata PS telah meninggalkan rumah dan pergi ke Ketapang. Lalu disana PS tinggal bersama ayah kandung dan ibu tirintya,” ungkapnya.

“Anehnya, PS tidak mengenalkan diri sebagao anak kandung dari ayahnya, dia mengaku keponakannya, sekaligus nama sudah dirubah menjadi Robi,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com