Pajero Sport Dijadikan Mobil Ambulans DPRD Banten

Infotangerang.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten membeli mobil Mitsubishi Pajero Sport untuk dijadikan ambulans. Sehingga dalam pengadaan ambulans itu pun menjadi sorotan publik.

Mobil ambulans bernomor B-9247-XSZ tipe on the road itu ditaksir seharga Rp500-600 juta. Bahkan, kendaraan medis berwarna putih yang baru saja keluar tersebut sudah dilengkapi dengan striping garis merah. Bahkan sudah berlabel DPRD Banten dengan tulisan ‘TA 2023’.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Rina Dewiyanti membenarkan adanya kendaraan itu. Kendaraan milik Pemprov itu pun baru datang pada Rabu (10/05/2023) kemarin.

“Setelah di konfirmasi itu pengadaan dari Pemprov (Banten), dan itu plat sementara karena baru dateng kemarin sore,” kata Rina, Jumat (12/05/2023).

Rina menyebutkan, saat ini tengah pengurusan plat dari B ke A. Nantinya juga, akan berwarna merah setelah menunggu pembuatan plat sebenarnya selesai.

“Sementara nanti diurus langsung ke plat A. Ini plat dealer plat sementara (xsz), untuk izin jalan dari dealer ke pembeli, plat dasarnya bukan merah, mungkin nanti kalau sudah jadi menjadi plat dasar merah tulisan putih,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten juga membenarkan adanya pengadaan ambulans dengan anggaran tahun 2023.

“Betul. Ambulansnya baru datang kemarin,” ucapnya.

Deden mengatakan, alasan pembelian mobil ambulans Pajero Sport tersebut supaya untuk lebih memudahkan saat mengantarkan pasien ke rumah sakit. Sebab, tidak adanya aturan yang mengatur jenis mobil untuk untuk pembelian atau pengadaan ambulans.

Selain itu, kata dia, ambulans akan mempermudah mobilisasi orang sakit dan sudah dilengkapi peralatan seperti monitor jantung. Nantinya kendaraan tersebut untuk  pegawai di Sekretariat DPRD Banten dan bisa dipergunakan untuk masyarakat umum.

“Jumlah pegawai di Sekretariat DPRD Banten ini kan hampir seribu termasuk dengan anggota dewannya,” kata dia. (AZM/ASN)