Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang Disiapkan Modal Rp25juta

Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang

Infotangerang.id – Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Kabupaten Tangerang disiapkan modal usaha sebesar Rp25 juta oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, Anna Ratna. Ia mengatakan, bantuan modal tersebut dipergunakan sebagai pinjaman kepada pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang yang sudah bergerak selama enam bulan.

“Diberikan pinjaman maksimal sebesar Rp25 juta, syarat sudah menjalankan usaha UMKM di Kabupaten Tangerang selama 6 bulan,” kata Anna. Selasa, 4 Juni 2024.

Anna mengungkapkan, jumlah pelaku UMKM saat ini dibawah naungan dinasnya terdapat sebanyak 61.011 UMKM. Dimana, hal ini meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun 2023 sebanyak 25.900 UMKM, saat ini meningkat. Alhamdulillah,” ungkapnya.

“Pemberian modal ini untuk mendukung pengembangan modal usaha dan mendukung pengembangan UMKM di Kabupaten Tangerang agar dapat bersaing di kancah nasional bahkan internasional,” tambah Anna.

Saat ini, pihaknya juga terus berinovasi memberikan bantuan pemasaran bantuan pemasaran produk baik online maupun offline. Dan mengikutkan produk-prouduk dalam pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah daerah maupun pusat.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengatakan dalam kurun waktu 10 tahun pihaknya telah mengucurkan dana sebesar Rp270 miliar untuk mengembangkan UMKM diwilayah.

“Dari 2014-2024 kami telah mengucurkan dana Rp270 miliar yakni untuk meningkatkan koperasi dan usaha mikro,” tambahnya.

Maesyal pun berharap UMKM di Kabupaten dapat terus mengalami peningkatan. Sebab, UMKM memilik kontribusi besar terhadap perekonomian rakyat.

“Ketika semua tumbuh tentunya dapat membuka lapangan pekerjaan walaupun tidak signifikan,”tandasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com