Penyebab Pergelangan Kaki Sakit saat Jalan

Infotangerang.id– Jika pergelangan kaki sakit saat jalan, hal itu tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun tenang saja sakit pada pergelangan kaki ini dapat diatasi dengan perawatan di rumah.

Pergelangan kaki sakit saat jalan dapat diatasi dengan beberapa langkah yang dapat dilakukan, seperti, istirahat, kompres dengan es, atau mengonsumsi obat pereda nyeri yang terjual secara bebas.

Selain itu, program fisioterapi juga dapat membantu memperkuat otot dan mencegah cedera lainnya. Lalu apa penyebab pergelangan kaki sakit saat berjalan? Berikut penjelasannya.

Penyebab Pergelangan Kaki Sakit Saat Jalan

Selain menyebabkan sakit pada telapak kaki, aktivitas olahraga yang berlebihan atau pemakaian sepatu yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan pergelanangan kaki sakit saat jalan.

Namun, ada beberapa kondisi lain yang dapat menjadi penyebab nyeri pergelangan kaki, diantaranya:

1. Busitisi

Salah satu penyebab pergelangan kaki sakit saat jalan adalah bursitis.

Bursitis adalah kondisi di mana terjadi peradangan pada bursa, yaitu pelumas dan bantalan di sekitar sendi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara tulang dan tendon saat melakukan gerakan.

Peradangan pada bursitis ini menyebabkan pembengkakan pada sendi, nyeri yang dirasakan saat disentuh, serta sulitnya melakukan gerakan atau menekuk sendi.

Bursitis ini umumnya terjadi pada bagian tubuh yang sering melakukan gerakan berulang, seperti bahu, siku, pinggul, lutut, tumit, dan pangkal jempol kaki.

Bursitis dapat terjadi pada semua kelompok usia dan jenis kelamin, namun risiko terjadinya biasanya meningkat seiring bertambahnya usia.

Orang-orang yang melakukan aktivitas atau pekerjaan yang melibatkan gerakan berulang, seperti pelukis, memiliki risiko lebih tinggi terkena bursitis.

2. Patah tulang

Patah tulang juga bisa menjadi penyebab pergelangan kaki sakit saat jalan karena akibat dari cedera atau kecelakaan, yang dapat menyebabkan bengkak dan rasa nyeri di area yang terluka.

3. Keseleo

Selain bursitis dan patah tulang, terkilir atau keseleo juga bisa menyebabkan pergelangan kaki sakit saat jalan. Kaki keselo ini terjadi ketika otot atau ligamen meregang atau robek.

4. Tendonitis

Penyebab pergelangan kaki sakit saat jalan selanjutnya adalah tendonitis.

Tendonitis atau tendinitis, adalah kondisi di mana terjadi peradangan atau iritasi pada tendon, yakni struktur jaringan ikat serat yang menghubungkan otot dengan tulang.

Secara umum, tendinitis lebih sering terjadi pada area seperti tumit, lutut, siku, dan bahu. Penderita tendinitis akan mengalami rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada persendian.

Cedera ini kerap terjadi pada atlet, terutama dalam olahraga voli dan basket. Selain istilah “patellar tendinitis”, ada juga kondisi lain seperti “tennis elbow”, “swimmer’s shoulder”, atau “golfer’s elbow”.

5. Asam Urat

Siapa yang akan menyangka bahwa asam urat juga bisa menyebabkan pergelangan kaki sakit saat jalan? Namun, faktanya demikian.

Ketika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat, terjadi penumpukan yang kemudian membentuk kristal berbentuk jarum.

Biasanya, kristal-kristal ini akan terbentuk di sekitar persendian, menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Inilah mengapa asam urat sering menjadi penyebab nyeri atau ketidaknyamanan pada pergelangan kaki.

6. Infeksi pada Sendi

Jika pergelangan kaki sakit saat jalan, atau nyeri yang disertai demam dan sakit badan, itu bisa menjadi indikasi adanya infeksi pada sendi yang disebabkan oleh virus atau jamur.

Infeksi pada pergelangan kaki biasanya ditandai dengan kemerahan, pembengkakan, dan sensasi panas di area tersebut.

Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Sakit Saat Jalan

Pergelangan Kaki Sakit saat Jalan

Jika sudah mengalami sakit pada pergelangan kaki hingga sangat menganggu aktivitas, maka hal tersebut perlu diatasi.

Ada dua metode yang umum digunakan untuk mengobati nyeri atau pergelangan kaki sakit saat berjalan. Berikut ini penjelasannya:

Penanganan di Rumah

Jika kondisi nyeri pada pergelangan kaki ringan, maka dapa melakukan beberapa langkah penanganan di rumah, seperti:

1. Istirahatkan kaki hingga rasa nyeri berkurang. Selain itu, hindari pula melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan rasa nyeri atau pembengkakan.

2. Gunakan kompres dingin pada pergelangan kaki agar dapat membantu mengurangi peradangan.

Lakukan hal tersebut sebanyak 3 hingga 4 kali sehari, dengan durasi masing-masing 20 hingga 30 menit.

3. Gunakan perban pada pergelangan kaki untuk mengurangi gerakan dan meredakan pembengkakan.
Pastikan perban yang digunakan elastis agar tidak mengganggu aliran darah.

Penanganan Medis

Jika nyeri pada pergelangan kaki tidak kunjung membaik atau semakin parah, maka perlu dilakukan tindakan medis untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa prosedur medis yang biasanya dilakukan oleh dokter ortopedi:

1. Bedah rekonstruksi

Tindakan ini bertujuan untuk memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak dengan jaringan yang sehat. Dokter mungkin akan mengambil jaringan dari pergelangan kaki yang sehat untuk digunakan dalam prosedur ini.

2. Artroskopi

Tindakan ini digunakan untuk memperbaiki kerusakan jaringan di dalam sendi, seperti jaringan yang terkoyak, atau untuk memperbaiki kerusakan tulang rawan yang mengalami keausan.

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.