Prabowo Siap Evakuasi Ribuan Warga Palestina di RS Indonesia di Gaza

Prabowo Siap Evakuasi Ribuan Warga Palestina di RS Indonesia di Gaza

Infotangerang.id- Presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto mengatakan Indonesia bersedia melakukan evakuasi ribuan warga Palestina korban ke rumah sakit (RS) Indonesia di Gaza.

Hal ini dikatakan Menteri Pertahanan di IISS Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2024

“Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan saya untuk mengumumkan bahwa kami siap mengevakuasi, menerima, dan merawat hingga 1.000 pasien dengan perawatan medis dalam waktu dekat,” ujar Prabowo.

Indonesia Berupaya Terus Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menegaskan Indonesia berupaya untuk terus mengirimkan berbagai bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina.

“Kami siap kirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza. Tentu saja dengan persetujuan semua pihak,” kata Prabowo.

Ia pun kembali menegaskan pentingnya perdamaian jangka panjang dengan solusi gencatan senjata yang permanen di Gaza. Sejalan dengan itu, ia menghimbau komunitas internasional agar bekerja sama mewujudkan tujuan tersebut.

“Mari kita bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Kita harus melakukan yang terbaik untuk mencapai solusi nyata dan abadi,” kata dia.

Lebih lanjut, Prabowo menyerukan adanya gencatan senjata antara Israel dengan Hamas sebagai salah satu upaya penyelesaian konflik tersebut.

Selain gencatan senjata, Prabowo menyebut bahwa banyak pihak yang mendorong agar terjadi solusi dua negara (two-state solution) sebagai langkah nyata lainnya untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di Israel serta Palestina.

Kemudian, Prabowo pun menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendukung gencatan senjata di Gaza. Ia menilai gencatan senjata penting untuk menuju perdamaian di antara Israel dan Palestina.

“Telah menjadi sebuah keyakinan bagi kami beserta banyak negara lainnya di dunia saat ini bahwa satu-satunya solusi nyata untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di Israel serta Palestina adalah solusi dua negara,” tegasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com

Artikel Terkait