Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Hari Ini, Rabu 10 Juli 2024

Pelepasan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Foto : Website Kemenpora

Infotangerang.idPresiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu 10 Juli 2024.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini secara resmi saya berangkatkan tim Indonesia menuju Olympic Games ke-33 Paris tahun 2024,” kata Presiden Jokowi.

Beliau juga menekankan bahwa seleksi untuk menjadi bagian dari delegasi yang akan bertanding di Olimpiade sangatlah ketat.

Para atlet yang berangkat merupakan atlet yang dipilih melalui proses seleksi yang ketat.

Presiden juga menekankan pentingnya persiapan bagi para atlet yang akan bertanding.

“Persiapkan dengan baik fisik, mental, dan segala hal yang diperlukan untuk bertanding. Semoga kita semua berhasil meraih kemenangan dan membawa pulang medali,” jelasnya.

Jokowi menegaskan bahwa lawan yang akan dihadapi di Olimpiade adalah yang terbaik di dunia dan tantangannya sangat berat.

Namun, dia mengajak para atlet untuk tetap optimis dan bertanding dengan semangat penuh.

“Saya menekankan agar semua tetap optimis dan bertanding dengan semangat. Indonesia ingin melihat bendera merah putih berkibar di arena Olimpiade,” katanya.

Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

Sebelum dilepaskan oleh Jokowi, kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 telah resmi dikukuhkan di Auditorium Kemenpora pada Rabu 10 Juli 2024.

Tercatat, kontingen Indonesia yang dikukuhkan berjumlah 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi tersebut.

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh para atlet, pelatih, ketua federasi cabang olahraga yang akan bertanding di Olimpiade Paris, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ketua Komite Olimpiade Indonesia, serta Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.

Acara tersebut dimulai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora kepada CDM Kontingen Indonesia, diikuti dengan pembacaan janji oleh para atlet.

Selanjutnya, para atlet secara bergantian mencium bendera Merah Putih sambil lagu “Bagimu Negeri” mengiringi acara tersebut.

“Saya yakin bahwa kemenangan akan menyertai orang-orang yang tidak pernah menyerah dalam pertandingan,” ujar Menpora Dito Ariotedjo menyatakan keyakinannya.

Dia juga menegaskan dukungan penuh terhadap Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade ke-33 Paris 2024.

Menpora menganggap ini sebagai langkah puncak setelah Asian Games dan SEA Games, serta mengajak para atlet untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar.

Daftar Cabor Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

Olimpiade XXXIII akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Upacara pembukaan untuk Olimpiade musim panas kali ini akan berbeda, karena untuk pertama kalinya tidak akan diselenggarakan di dalam stadion.

Berikut adalah cabang olahraga dan jumlah perwakilan Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024:

  • Bulu tangkis (9 atlet)
  • Panahan (4 atlet)
  • Panjat tebing (4 atlet)
  • Senam artistik (1 atlet)
  • Menembak (1 atlet)
  • Selancar ombak (1 atlet)
  • Angkat besi (3 atlet)
  • Dayung (1 atlet)
  • Balap sepeda (1 atlet)
  • Judo (1 atlet)
  • Atletik (1 atlet), dan
  • Renang (2 atlet).

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow