PUPR Siapkan Istana Negara dan Apartemen ASN di IKN Nusantara, Ini Bentuk Rancangannya

Istana Negara di IKN

Infotangerang.id – Kempentrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis menyelesaikan Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN bulan Juli. Sehingga upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Kota Nusantara.

Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga menyampaikan dua kantor presiden yaitu Istana Negara dan Kantor Presiten pada bulan Juli-Agustus rampung.

Presiden Joko Widodo, akan memimpin upacara yang terakhir sebagai presiden, dirinya akan lengser pada oktober dalam pergantian presiden terpilih pemilu.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Menang Dramatis 1-0 dari Timnas U23 Australia, Ernando Ari MVP

Sementara suara tertinggi Prabowo Subianto berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka. Namun hasil tersebut tidak terima dan melakuakn penggugatan oleh ke dua calon pasangan Pilpres kemaren ke Mahkamah Konstitusi yang mana keputusannya pada tanggal 22 April 2022.

Terkait listrik dan jaringan, Danis memastikan bagunan yang ada di IKN termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden sudah tersedia air, listrik dan internet.

“Insyallah sudah siap, pokoknya di setiap bangunan yang jadi di IKN sudah ada air, listrik dan internet,” ungkapnya, Kamis (18/4/2024).

Lanjut, dirinya menyampaikan di IKN sedang disiapkan dan dipasang air baku dari intake sepaku, yaitu jaringan pipa yang dimasukkan ked alma multi utility tunnel (MUT).

Soal listrik, PLN telah menyiapkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sekitar 50 MW. Telkom menyiapkan jaringan internet di dalam box MUT, nantinya akan terhubung kesetiap kavling bangunan.

Baca juga: Rekomendasi 10 Terbaik Playground Terdekat di Tangerang yang Wajib Kalian Coba

“Semua berjalan lancar, mulai dari air, listrik dan internet. Secara parallel bersama dengan penyelesaian Gedung dan kita akan mengkoneksikan utilitas-utilitas tersebut ke masing-masing bangunan,” jelas Danis.

Apartemen ASN di IKN Nusantara

Selain itu, Danis juga memberikan kabar baik kepada ASN yang bisa menghuni apartemen khusus ASN di IKN pada bulan September 2024.

“Mungkin setelah HUT Kemerdekaan RI di Agustus, awal September ASN bisa menghuni apartemen yang baru,” ucapnya.

Danis menyampaikan ada 12 dari 47 apartemen yang bisa dihuni pada bulan Juli. Namun akan terlebih dahulu untuk petugas upacara 17 Agustus 2024 dan tamu undangan.

“Karena akan terlebih dahulu menjadi fasilitas acara upacara kemerdekaan, maka ASN baru bisa pindah pada awal September,” ucapnya.

Penargetan apatemen ASN akan selesai di akhir tahun 2024, PUPR menargetkan sebanyak 47 tower Apartemen ASN di IKN Nusantara, Kalimatan Timur. Apartemen ASN adalah hunian tempat tinggal untuk para ASN dan personel militer yang bertugas di IKN Nusantara.

Berdasarkan lampiran Peraturan Presiden No. 63/2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN Nusantara. Sebanyak 100.023 orang dan Hankam 103.742 personel populasi sampai dengan tahun 2045.

Disain hunian Apartemen ASN dan Hankam bertipe unit seluas 98 m2. Setiap apartemen akan memiliki 12 lantai yang meliputi 2 lantai podium untuk fasilitas sosial dan umum, serta 1o lantai untuk hunian. Masing-masing tower terdapat 60 unit tampat tinggal.

Dari 47 Tower rusun ASN-Hamkan yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) dengan total lahan seluas 45,91 hektar.

Kementrian PUPR menerapkan prinsip bangunan hijau dengan tiga kriteria, yaitu Lingkungan Sosial, Tata Kelola dan Environmental, Social dan Governance (ESG).

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow