Sejarah Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024. Berikut Tema dan Logonya

Hari Lahir Pancasila 2024

Infotangerang.id- Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional telah diresmikan oleh Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Hari Lahir Pancasila merupakan hari peringatan yang dirayakan sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan dan panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sejarah Pancasila

Dilansir dari DITSMP Kemdikbud, Hari Lahir Pancasila dilatarbelakangi dari janji kemerdekaan yang diberikan oleh Perdana Menteri Jepang saat itu, Kuniaki Koiso kepada bangsa Indonesia pada 7 September 1944.

Janji tersebut disampaikan Jepang untuk mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia dalam perang melawan tentara sekutu. Namun, janji tersebut tidak terpenuhi hingga Jepang memberi janji kemerdekaan kedua pada 29 April 1945 melalui Maklumat Gunseikan.

Di dalam Maklumat Gunseikan tersebut memuat pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang bertugas untuk merumuskan dasar negara untuk Indonesia merdeka.

Sidang petama BPUPKI diselenggarakan pada 29 Mei – 1 Juni 1945 di Gedung Chuo Sangi In. Pada sidang tersebut, beberapa anggota BPUPKI termasuk Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno memberikan usulan mengenai bahan-bahan konstitusi dan dasar negara Indonesia.

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila, BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang terdiri dari tokoh-tokoh seperti Ir.Soekarno, Mohammad Hatta, dan lain sebagainya.

Setelah melewati berbagai proses persidangan dan diskusi, Pancasila akhirnya siahkan sebagai dasar negara pada Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945.

Tema Hari Lahir Pancasila 2024

Tema Hari Lahir Pancasila 2024 adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk terus melahirkan generasi bangsa terbaik dan menjaga persatuan, gotong royong, dan kesetaraan.

Pada tahun 2045, Indonesia akan mengalami usia emas yakni genap berusia 100 tahun, dengan harapan sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya.

Logo Hari Lahir Pancasila 2024

Logo utama dari Hari Lahir Pancasila 2024 adalah “Sandya Taru” yakni mencerminkan persatuan, gotong royong, dan kesetaraan.

Sandya Taru atau Pohon Persatuan tercipta dari nilai Pancasila ketiga yakni persatuan Indonesia dengan simbol pohon beringin.

Layaknya pohon yang memiliki makna sumber kehidupan, Pancasila lahir menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Ia menancap dalam lubuk sanubari sebagai pemersatu bangsa yang bhinneka, kuat, dan abadi.

Berikut penjelasan filosofi dari logo Hari Lahir Pancasila 2024:

1. Pohon persatuan

Screenshot 2024 05 31 225453

Batang pohon dengan deburan ombak besar di bagian kiri dan kanan memaknai akan jiwa pemersatu yang kokoh dalam menghadapi segala tantangan untuk mengemban nilai-nilai Pancasila.

5 Sila Pancasila dipresentasikan oleh 4 helai daun sebagai tangan dan 1 daun sebagai kepala sekaligus ilustrasi angka 1 yaitu tanggal peringatan Hari Lahir Pancasila.

2. Penjaga dan pertahanan

Screenshot 2024 05 31 225507
Ilustrasi burung garuda dan tameng dengan 4 helai bulu menjadi perekat dan pemersatu bangsa Indonesia yang beragam suku, agama, budaya, dan bahasa demi mempertahankan visi dan misi Indonesia emas di tengah tantangan global.

3. Generasi penerus

Screenshot 2024 05 31 225459

Tunas pada puncak berwarna emas melambangkan proses upaya mencetak generasi emas penerus bangsa dengan kecerdasan yang komprehensif (produktif dan inovatif), berkarakter kuat (damai dalam interaksi sosial), sehat (menyehatkan dalam interaksi alamnya), dan berperadaban unggul.

4. Gotong royong

Screenshot 2024 05 31 225621
Ilustrasi manusia bergandengan tangan mempresentasikan gotong royong mewujudkan pertumbuhan negara Nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan dalam harmoni kesetaraan.

5. Globalisasi

Screenshot 2024 05 31 225521

Terakhir terdapat ilustrasi yang melambangkan globalisasi. Pada tahun 2024 mendatang, Indonesia sudah genap berusia 100 tahun. Maka, diharapkan pada tahun tersebut Indonesia sudah menjadi negara maju, modern, dan sejajar dengan negara-negara adidaya di dunia.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife