Pimpin Upacara di Hari Lahir Pancasila, PJ Bupati Tangerang Sampaikan Makna Persatuan

PJ Bupati Tangerang Pimpin Upacara di Hari Lahir Pancasila

Infotangerang.id – Dalam memperingati hari lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten Tangerang melaksanakan upacara di lapangan Raden Aria Maulana Yudhanegara Tigaraksa.

Pelaksanaan upacara tersebut dilakukan pada Sabtu 1 Mei 2024, dan dipimpin langsung oleh penjabat Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono.

Dalam pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila, Andi Ony mengatakan bahwa Pancasila merupakan ideologi negara yang harus menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia.

Lanjutnya, ia mengatakan dalam peringatan hari lahir Pancasila 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Kita peringati Hari Lahir Pancasila 2024 ini, karena Pancasila memiliki peran besar dalam menyatukan bangsa Indonesia yang beragam,” kata Andi.

Andi menuturkan, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan bintang penuntun kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Keberagaman kita adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” tuturnya.

Dirinya pun mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. Ia menegaskan Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah.

Perkembangan situasi global dan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, Andi berharap Pancasila bisa menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Teknologi informasi yang semakin masif harus kita manfaatkan untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com