Sosok Monica Sembiring, Juara Miss Indonesia 2024 asal Sumatera Utara

Monica Sembiring, Miss Indonesia 2024

Infotangerang.id– Monica Sembiring, finalis dari Sumatra Utara, telah secara resmi dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2024.

Pada Rabu (29/5/2024), Monica secara resmi dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2024, menggantikan Miss Indonesia 2022 Audrey Vanessa.

Audrey Vanessa, pemenang Miss Indonesia 2022, juga menyerahkan mahkota kemenangan Monica diiringi oleh Miss World 2023, Krystyna Pyszkova, dalam malam final kontes kecantikan tersebut.

Kemenangan Monica dalam grand final Miss Indonesia yang diselenggarakan secara langsung di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, sudah terlihat sejak babak penyisihan.

Monica berhasil mencapai Top 17, kemudian Top 5, sebelum akhirnya dinobatkan sebagai Miss Indonesia tahun ini.

Sebelum acara tersebut, Monica telah muncul dalam video profil yang dibagikan oleh akun YouTube ajang kecantikan pada Jumat, 24 Mei 2024.

Dalam video tersebut, dia memberikan sapaan kepada kampung halamannya dengan mengatakan, “Mejuah juah, Indonesia!”

Sebagai alumni Universitas Diponegoro, Monica kemudian berbicara dalam Bahasa Inggris, menyatakan dengan bangga bahwa dia mewakili Sumatra Utara.

Dia juga menyebut bahwa dia lulus dari program studi teknik kimia dan saat ini sedang meniti karier di bidang perbankan.

Lalu seperti apakah sosok Monica Sembring? Berikut penjelasannya:

Profil Monica Sembiring

Monica Sembiring
Miss Indonesia 2024

Dikutip dari akun Instagram pribadinya @monica.kezia, Monica Kezia Sembiring adalah finalis dari Provinsi Sumatera Utara.

Dia lahir pada bulan Januari 2002 dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro dengan jurusan Teknik Kimia.

“Saya sangat bersyukur telah dibesarkan dalam keluarga yang tidak hanya memberikan cinta dan permainan dalam masa kecil saya, tetapi juga menanamkan cinta akan buku dan musik,” ucap perempuan yang lahir pada Januari 2002 itu.

“Sejak kecil, orangtua saya mengajari saya untuk menjadi seperti bintang utara, memiliki integritas dan kepercayaan diri yang kuat.”

“Dilengkapi dengan bakat bermain piano, saya berharap dapat memberikan berkah bagi banyak orang melalui harmoni nada-nada yang saya mainkan. Terima kasih,” lanjutnya.

Selain memiliki paras yang cantik, Monica juga memiliki sejumlah prestasi yang mengesankan.

Dia berhasil meraih Juara Harapan dalam Indonesia Piano Competition tahun 2013, mendapatkan Platinum Award dalam Indonesia National Piano Festival 2014, meraih Juara 2 dalam Podcast Campus Indonesia, Juara 3 dalam ajang Medan Cover Face tahun 2018, dan menjadi Juara 1 dalam kompetisi The Best Model Valentine tahun 2023.

Dalam video lain, ia mengungkapkan perannya sebagai Miss Indonesia 2024.

Setelah terpilih sebagai Miss Indonesia 2024, Monica memiliki keinginan untuk menjadi pelopor dalam pemberdayaan perempuan di tempat kerja, pendidikan, dan pelestarian lingkungan di seluruh Indonesia.

Dia bermaksud untuk memperluas akses pendidikan dan peluang karir bagi perempuan di seluruh negeri, khususnya di daerah pedesaan.

Selama berkarier, Monica telah mengalami berbagai pengalaman, salah satunya adalah berpartisipasi dalam pembangunan Desa Seni di sebuah desa di Jawa Tengah, serta terlibat dalam pengadaan teknologi untuk salah satu Smart Village di wilayah tersebut.

Sekarang, Monica memastikan bahwa gelar Miss Indonesia 2024 juga menjadi bagian dari portofolionya.

Pada sesi final, Monica menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Ketua Dewan Juri dan Chairwoman Miss Indonesia Organization, Liliana Tanoesoedibjo.

Pertanyaannya adalah, “Sebagai Miss Indonesia, apa yang kamu pahami?”

Dengan sikap yang tenang, Monica menjawab,

“Untuk menjadi seorang Miss Indonesia dan menjadi contoh yang baik, penting untuk melakukan segala hal dengan kebaikan dan kasih sayang.”

“Dalam segala hal yang saya lakukan, saya selalu membawakannya dengan penuh hati,” tambahnya.

“Ini adalah prinsip penting dalam hidup saya. Saya berharap bahwa dengan menjadi Miss Indonesia, saya dapat menjadi contoh yang baik dan membawa perubahan positif bagi orang lain,” pungkasnya.