Infotangerang.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang menyebut tiga instansi telah dipanggil atas dugaan kelola tempat pembuangan sampah atau TPS ilegal di Kampung Bugel, Kelurahan Kaduagung, Kecamatan Tigaraksa.

Namun, DLHK Kabupaten Tangerang sendiri tidak berani membeberkan siapa ketiga instansi yang dipanggil tersebut.

“Sudah (dipanggil) 3 instansi,” ungkap Hari Mahardika Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) pada DLHK Kabupaten Tangerang kepada Infotangerang.id ditulis, Kamis, 1 Agustus 2024.

Hari mengatakan, bahwa pemanggilan kepada tiga instansi tersebut buntut dari tertangkapnya supir truk yang membuang sampah ke lokasi TPS ilegal di Bugel itu.

“Kalo kita sudah manggil dua orang, supirnya sudah kita tangkap dua kali dimintai keterangan. Mengerucut kesana,” katanya.

Namun, hari enggan menjelaskan siapa ketiga instansi tersebut yang diduga ‘mengelola’ bahkan membekingi TPS ilegal tersebut.

“Yang dipanggil sudah kita dipanggil, tapi ga semuanya benarnya,” tambah Hari.

Atas dugaan tersebut, pihaknya harus lebih berhati-hati dalam melakukan pengungkapan. Di mana, kedepannya berencana untuk membuat satuan tugas (satgas) dalam menangani kasus pembuangan sampah ilegal tersebut.

Yang mana, satgas tersebut akan melibatkan pihak Kepolisian, Satpol-PP, Kejaksaan dan DLHK Kabupaten Tangerang.

“Berencana membuat satgas, tapi kan tidak mudah. Langkah kita melaporkan ke Gakkum KLHK, sudah kemarin,” tegasnya.

Dikatakan Hari, pembuangan sampah ilegal di Bugel Tigaraksa tersebut diperkirakan sudah sejak dua tahun lalu. Dan saat ini sampah nya sudah mencapai 3.000 ton lebih.

“Lebih dari dua tahun itu, 800 truk’an kalo diangkut. Sekitar 3.000 ton lebih. Sudah kita cek pake drone semua itu. Malu, cuman kita punya keterbarasan,” jelasnya.

Motor Pengangkut Sampah Berplat Merah Buang Sampah di TPS Ilegal

Sebelumnya, terciduk sebuah motor pengangkut sampah berplat merah dengan roda tiga diduga milik pemerintah daerah (Pemda) terlihat membuang sampah diarea TPS ilegal di Kampung Bugel, Kelurahan Kaduagung, Kabupaten Tangerang, Banten.

Dimana, terdapat dua motor pengangkut sampah berplat merah berwarna kuning terlihat sedang membuang sampah diarea TPS ilegal tersebut beberapa waktu lalu.

Selain itu, nampak dua orang sedang mencoba menurunkan sampah yang berada motornya ke area tersebut.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Malik Abdul Aziz
Editor
Dimas Wisnu Saputra
Reporter